PUPR Alokasikan Rp. 300 Miliar Bangun Jalan  di Boven Digoel

0
587
Terkait usulan Bupati Benediktus Tambonot pembangunan Bendungan Boven Digul, Menteri Basuki akan melakukan studi kelayakan terlebih dahulu. Tampak Bupati saat jalan bersama Menteri Basuki. (Foto Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)
Bupati Boven Digoel Benediktus Tambonop. (ISTIMEWA/HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –   Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan kurang lebih Rp300 miliar untuk membangun jalan transPapua sepanjang 58 kilometer yang berada di Kabupaten Boven Digoel.

Bupati Boven Digoel, Benediktus Tambonop, di Jayapura, Selasa, mengatakan jalan sepanjang 58 kilometer ini berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus diselesaikan dalam jangka waktu empat bulan saja di tahun ini.

“Jalan sepanjang 58 kilometer ini terletak di antara wilayah kelapa sawit Distrik Jair dan tanah merah sebelum jembatan Distrik Mandobo,” katanya.

Menurut Benediktus, Presiden Jokowi secara langsung menginstruksikan pembangunan jalan sepanjang 58 kilo meter ini kepada Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono ketika mengunjungi Kabupaten Boven Digoel belum lama ini.

Terkait usulan Bupati Benediktus Tambonot pembangunan Bendungan Boven Digul, Menteri Basuki akan melakukan studi kelayakan terlebih dahulu. Tampak Bupati saat jalan bersama Menteri Basuki. (Foto Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

“Bagi saya pribadi, kondisi jalan yang hendak dibangun oleh Kementerian PUPR ini memang tidak layak dan tidak sesuai dengan kualitas jalan pada umumnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan kondisi jalan tersebut sudah dilakukan pengerasan menggunakan beton, namun justru terjadi patahan dan penurunan bagian jalan sehingga tidak layak ketika dilewati kendaraan baik roda dua maupun empat.

“Sebenarnya dananya sudah ada, namun dihentikan pengerjaannya lalu mengganti kontraktor yang mengerjakannya karena hasil pembangunannya tidak sesuai dengan standar jalan pada umumnya,” katanya lagi.

Situs tersebut berupa Bangunan Cagar Budaya Bekas Penjara Boven Digoel yang menjadi tempat pengasingan Proklamator Indonesia Mochammad Hatta atau Bung Hatta dan para pejuang kemerdekaan Indonesia lainnya. Tampak saat berkoordinasi dengan para muspida setempat. (Foto Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Dia menambahkan pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono atas pembangunan jalan sepanjang 58 kilo meter tersebut, karena langsung ditindaklanjuti ketika didapati di lapangan. (LKBN ANTARA  / Harian Pagi Papua)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here