55 Tahun Panitia Kembalinya Papua ke Pangkuan Indonesia Dibentuk

0
225
Sebuah aksi massa saat mengibarkan Bendera Bintang Kejora dan pelakunya ditangkap. (www.antaranews.com)
Ilustrasi Tarian kolosal di Skow, Merauke, Papua yang masuk dalam perbatasan Indonesia-Papua Nugini. bagian dari keanekaragaman budaya (Liputan6.com/Katharina Janur)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka memperingati Hari Integrasi atau Kembalinya Irian Barat ke Pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke-55, yang jatuh pada tanggal 1 Mei nanti, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengadakan Rapat Pembentukan Panitia 1 Mei tahun 2018 tingkat Kabupaten Jayapura.

Rapat yang berlangsung di Aula Lantai I Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, telah dbentuk kepanitiaan Hari Integrasi atau Kembalinya Irian Barat ke Pangkuan NKRI ke-55 Tahun 2018 tingkat Kabupaten Jayapura.

Berdasarkan hasil rapat, telah terbentuk susunan kepanitiaan Hari Integrasi Irian Barat ke Pangkuan NKRI tahun 2018 Tingkat Kabupaten Jayapura sebagai berikut : Ketua Panitia: Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP dan Wakil Ketua: Pelaksana Tugas (Plt). Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura, Rustan Mida, S.Sos, M.KP.

Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura, Rustan Mida, S.Sos, M.KP, berharap, panitia yang telah terbentuk agar segera melaksanakan koordinasi untuk penyusunan program kerja.

Ya, tadi (kemarin) kita laksanakan rapat pembentukan panitia untuk memperingati Hari Integrasi atau Kembalinya Irian barat ke Pangkuan NKRI yang ke-55 tahun 2018 tingkat Kabupaten Jayapura. Nah, itu merupakan agenda rutin yang setiap tahun dilaksanakan oleh Kesbangpol, kata pria yang pernah menjabat Kepala Distrik Sentani Timur, ketika dikonfirmasi wartawan usai kegiatan rapat pembentukan panitia tersebut, Senin (23/4/2018) siang.

Indonesia (kukerjakanprmu.blogspot.com)

Kemudian kegiatan ini juga kita ada kerjasama dengan melibatkan TNI-Polri, sedangkan tempatnya itu di Makam Pahlawan Nasional Marthen Indey, kampung Dosay, Distrik Sentani Barat. Selanjutnya kita akan mengadakan rapat lagi pada Rabu (25/4) esok, untuk membahas terkait teknis kegiatan peringatan 1 Mei tersebut, tambahnya.

Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura itu menjelaskan, menjelang Hari Integrasi Irian Barat ke Pangkuan NKRI 1 Mei 2018, akan dilakukan berbagai kegiatan, salah satunya yaitu kegiatan pawai Merah Putih.

Rapat tadi (kemarin) kita juga mengundang pihak TNI, Kepolisian, Ormas, tokoh adat, tokoh masyarakat dan Perangkat Daerah (PD) yang ada di lingkup Pemkab Jayapura. Memang panitianya baru dibentuk dan nanti setelah Surat Keputusan (SK) Panitia selesai dibuat, kami juga akan sampaikan pada pertemuan selanjutnya, tukas Rustan Mida. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)