Enam Komponen Masyarakat Waropen Dukung LUKMEN ke Periode Kedua

0
76

WAROPEN (LINTAS PAPUA) — Enam komponen masyarakat di Kabupaten Waropen yakni Masyarakat Adat Maranarani Waren, masyarakat Adat Negeri Timur Waropen, Perwakilan Gereja Kristen Injili (GKI) klasis Waropen, Relawan Seribu Bakau, Relawan Nusantara, dan Relawan Ojek menyatakan dukungan kepada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, SIP,MH dan Klemen Tinal, SE.MM (LUKMEN) untuk melanjutkan kepemimpinan dan pelaksanaan pembangunan periode kedua (2018-2023).

Pernyataan dukungan tersebut disampaikan perwakilan masyarakat di sela-sela Kampanye Pertemuan Terbatas Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Senin (23/04/2018) di Gedung Amapon, Kampung Nonomi, Distrik Waropen Bawah, Kabupaten Waropen.

Leonard Sanggenafa selaku penasihat dan pengarah Masyarakat Adat Maranarani Waren mengatakan, ia dan seluruh masyarakatnya yakin LUKMEN terpilih lagi. Oleh karena itu, ia meminta kelak LUKMEN bisa membangun Papua lebih baik, termasuk Waropen.

“Saya yakin bapa Lukas terpilih. Kami rasakan sekali tentang bukti pembangunan Saya hari ini serahkan surat dukungan. Ini bukti iman dan harapan kami kepada Bapa berdua. Masyarakat adat Maranarani secara khusus dan seluruh masyarakat di Kabupaten Waropen mendukung Lukmen dan pasti bapak Lukas Enembe dan Klemen Tinal kembali dilantik jadi gubernur dan wakil gubernur,” kata Sanggenafa sambil menyerahkan noken berisi aspirasi dan dukungan kepada Lukas Enembe di atas panggung.

Sanggenafa menambahkan bahwa dukungan kepada LUKMEN tidak terlepas dari keberhasilan kedua tokoh Papua itu membangun Papua khususnya di Kabupaten Waropen. Bukti nyatanya adalah pembangunan Pelabuhan Waren, pembangunan Bandara Botawa Waropen, pembangunan rumah layak huni, pembangunan jalan dan jembatan dan juga kebijakan Lukmen menggelontorkan dana Otonomi Khusus sebesar 80 persen untuk kabupaten Waropen.


Di tempat yang sama Ketua Relawan Seribu Bakau, Hermanus Ramandey mewakili Relawan Nusantara dan Relawan Ojek Kabupaten Waropen meminta pasangan calon Lukmen untuk mewujudkan pembangunan ruas jalan Uri-Botawa sehingga mendukung percepatan pembangunan di sektor ekonomi bagi warga Waropen. “Kami relawan siap menangkan Lukmen di Waropen,” kata Ramandey.

Pdt. M Smoukil dari GKI Klasis Waropen menyatakan bahwa doa seluruh umat Kristen mengiringi kepemimpinan Lukmen diperiode pertama dan akan dilanjutkan kembali lima tahun berikut yakni periode 2018-2013.
“Kami bersama umat selalu berdoa dan percaya bahwa Tuhan selalu memberkati kepemimpinan bapak Lukas Enembe dan Klemen Tinal,” ungkap Smoukil.


Sementara itu, perwakilan masyarakat Meepago dan Lapago, Disen Tabuni yang berdomisili di Waropen, optimis LUKMEN memenangkan suara di distrik-distrik yang baru di mekarkan di antaranya Distrik Kirihi, Distrik Walae, dan distrik distrik di timur Waropen.

“Lukmen itu kami punya anak dan pasti akan kami dukung 100 persen. Dan kami juga optimis masyarakat Waropen juga akan memberikan suara untuk anak Lukmen,” ungkap Tabuni.

Ingat Janji Pilih LUKMEN di Tanggal 27 Juni

Ketua Tim Kampanye Koalisi Papua Bangkit II Kabupaten Waropen, Yermias Bisay, SH dalam orasi politiknya mengatakan, pernyataan sikap dari sejumlah komponen masyarakat itu menunjukkan keberhasilan LUKMEN selama lima tahun memimpin Papua.

“Semua masyarakat hadir ini karena keberpihakan bagi rakyat Papua, termasuk rakyat Waropen. Dengan dana Otsus 80 persen untuk kami sangat berarti bagi pembangunan. Tetapi pada kesempatan ini, kami minta kepada Bapa Lukas di periode kedua, mohon bantu kami sejumlah hal, mulai dari perbaikan jalan, Pelabuhan Waren, perpanjangan runway bandara Botawa, alat-alat kesehatan untuk rumah sakit, pengangkatan tenaga honorer jadi PNS, dan juga bantu rumah. Kami di sini, 3-4 KK masih tinggal satu rumah. Dan semua yang sudah Bapa kerjakan belum diresmikan. Harapan kami, periode kedua Bapa bisa datang resmikan,” kata Yermias yang juga Bupati Waropen ini.


Menurut Yermias, rakyat Waropen sudah menyampaikan aspirasi dan isi hatinya kepada Calon Gubernur Lukas Enembe. Oleh karena itu, ia berharap di tanggal 27 Juni mendatang, seluruh niat hati mendukung LUKMEN dibuktikan dengan memilih dan mencoblos nomor satu di bilik suara.

“DPT kita memang hanya 35 ribu penduduk dan tak ada artinya dengan daerah lain seperti Kota Jayapura dan Merauke yang mencapai 4 ratus ribu lebih. Tetapi sebagian dari Tanah Papua, kita orang Waropen harus memiliki harga diri untuk memilih dan mempercayakan orang yang tepat untuk memimpin Papua. Dan orang yang tepat itu adalah LUKMEN,” tegas Yermias disambut yel-yel kemenangan untuk LUKMEN.

Yermias juga mengatakan, target tim pemenangan di Kabupaten Waropen adalah memenangkan pasangan LUKMEN minimal 80 persen. Sebab dengan bukti kerja selama 5 tahun dan didukung koalisi yang besar, Yeremias yakin pasangan nomor urut 1 ini tetap mendapatkan dukungan dan simpati rakyat Waropen.
“Target kita 80 persen itu minimal, jadi bisa juga lebih. LUKMEN tunjukkan kerja nyata bukan baru berjanji, jadi kita yakin menang,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Waropen ini.


Sebelumnya, di tempat terpisah, Wakil Ketua Tim Kampanye KPB II Kabupaten Waropen, Hendrik Wonateroy, S.Sos mengatakan, ada banyak bukti kerja nyata LUKMEN selama 5 tahun di Kabupaten Waropen yang membuat masyarakat tetap mendukung keduanya untuk melanjutkan kepemimpinan ke periode kedua.
“Ada pembangunan Pelabuhan Waren, perpanjangan runway Bandara Botawa dan pembangunan ruang tunggu bandara terbaik di pesisir, pembangunan rumah layak huni sebanyak 500 unit, pembangunan sekolah SMP dan SMK, pembangunan jembatan Uri dan Ronggaiwa serta peningkatan jalan Uri-Botawa sepanjang 30 KM. Ini karya nyata mereka dan semua tetap membekas dalam masyarakat,” kata Hendrik.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Calon Gubernur nomor uru1 Lukas Enembe memulai kampanye puataran dua Dapil II di Kabupaten Waropen, Senin (18/04/2018). Lukas dan rombongan tiba di Botawa, Ibukota Waropen dengan menggunakan pesawat lalu berganti helikopter ke Pelabuhan Waren sekitar Pk. 12.15 siang disambut Ketua Tim Kampanye Koalisi Papua Bangkit II Kabupaten Waropen, Yermias Bisay, SH dan ribuan masyarakat yang berkumpul.

Ikut bersama Lukas, Ibu Yulce Enembe, Ketua Tim Kampanye Koalisi Papua Bangkit II, DR Yunus Wonda dan Sekretaris DPD Partai Demokrat Papua, Carolus Bolly, SE.MM. (Gusty/Hans-Humas Tim Kampanye Koalisi Papua Bangkit II)