JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Tim Persipura Jayapura berhasil mewujudkan target mengalahkan tamunya Mitra Kukar dengan skor 2-1 dalam pertandingan di stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Sabtu.

Dihadapan belasan ribu pendukungnya, tim berjuluk “Mutiara Hitam” itu berhasil mencetak gol lebih dulu lewat tendangan bebas dari kaki Ian Louis Kabes di sisi kanan pertahanan tim asal Tenggarong.

Bola hasil sepakan Kabes itu melambung tinggi kemudian melengkung tajam kearah gawang Mitra Kukar yang tidak dapat ditepis oleh kiper Geri Mandagi.

Skor 1-0 untuk keunggulan tim tuan rumah pada menit ke-11.

Berselang enam menit kemudian, Kabes menjadi arsitek ketika gol kedua dicetak oleh pemain asal Brasil, Marcel Sacramento lewat tendangan pojok dari sisi kanan gawang tim asuhan Rafael Berges.

Sementara gol balasan dari tim tamu, dicetak oleh Septian Maulana setelah berhasil ‘solo run’ disisi kiri pertahanan Persipura dan berhasil mengecoh kiper Dede Sulaiman pada jelang akhir babak kedua.

Dalam laga yang dipimpin oleh wasit Ruli Ruslin asal Malang, Jawa Timur, kedua tim kesebelasan sempat bermain dengan masing-masing 10 orang, setelah Gunansar Papau Mandowen dari Persipura dan Hendra Adi Bayauw dari Mitra Kukar mendapat kartu merah akibat pelanggaran yang dilakukan oleh masing-masing pemain.

Dengan hasil tersebut, tim kebanggaan warga Kota Jayapura dan Papua pada umumnya itu, berhasil merengsek naik memimpin puncak klasemen sementara Go Jek Liga I dengan 11 poin, dari tiga kali menang, dua kali seri dan belum terkalahkan.

Kemenangan ini merupakan target yang diwujudkan oleh ‘taktikal’ Persipura asal Inggris, Peter Butler yang sehari sebelumnya mengatakan ingin meraih poin penuh setelah laga seri 2-2 melawan tuan rumah Sriwijaya FC di Palembang, Sumsel. (LKBN ANTARA/ Alfian Rumagit /HPP)