Inilah Pesan Hari Kartini dari   Wabup Giri  untuk Perempuan Jayapura

0
212
Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro , dalam sebuah kegiatan. (Irfan/HPP)

 

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Hari iKartini, Sabtu 21 April 2018 adalah momen yang tepat untuk mengingat semangat juang Raden Ajeng (RA) Kartini. Bagaimana tidak, kelahiran Kartini memberikan masa depan yang lebih cerah untuk perempuan Indonesia.

Perjuangan Kartini telah membuahkan kesetaraan gender. Sehingga perempuan kini bisa lebih aktif berpendapat dan bertindak tanpa rasa takut.

Giri Wijayantoro, sebagai Wakil Bupati Jayapura pun memberi pesan kepada para perempuan Indonesia, khususnya di Kabupaten Jayapura bahwa meski emansipasi wanita telah terwujud, namun perjuangan harus tetap dilakukan.

“Perempuan saat ini menjadi salah satu pilar yang memiliki kekuatan untuk ikut memajukan kesejahteraan bangsa,” ujar  Wakil Bupati Giri.

Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro , dalam sebuah kegiatan. (Irfan/HPP)

Diakui,  dengan adanya peringatan Hari Kartini, kita tidak boleh melupakan sejarah perjuangan dari Ibu Kartini. Karena di jaman itu, perempuan taunya hanya bisa di dapur dan bersekolah pun tidak boleh.

“Namun perjuangan Kartini telah membuahkan hasil, hal yang paling nyata sekarang itu kita bisa lihat bahwa perempuan di Indonesia sudah bisa bersekolah dan membaca menulis,” kata Wakil Bupati,  ketika ditanya wartawan terkait Hari Kartini Tahun 2018.

Menurutnya, itu bukan berarti hadiah, melainkan itu dari satu perjuangan yang panjang untuk memperjuangkan persamaan (kesetaraan) gender.

Ucapan Hari Kartini dari Putra Kenambay Umbay, Yulianus Dwaa. (ISTIMEWA)

“Jadi, ini harus diteladani dan juga dijadikan satu semangat untuk tidak boleh ketergantungan kepada siapapun yakni, harus memiliki kreativitas dan juga kemandirian mulai dari diri maisng-masing. Baik itu perempuan maupun laki-laki itu harus punya jiwa-jiwa yang mandiri,” pesan Wabup Giri usai menghadiri acara Milad Wanita Islam ke-56, di Gedung Serba Guna (GSG) Wanita-Thabita, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (20/4/2018) siang. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)