Pemkab Jayapura Dukung BPS Lakukan Penyusunan Disagregasi PMTB

0
5
Foto Bersama usai kegiatan PMTB. 9Irfan/HPP)
Bupati Jahyapura saat bersalaman dengan anggota dewan. (Irfan/HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menyambut baik sosialisasi survei disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB), karena dapat memacu investasi untuk pertumbuhan dan juga pemerataan pembangunan ekonomi.

Pada dasarnya Pemkab Jayapura sangat menyambut baik penyusunan disagregasi PMTB yang akan dilakukan oleh BPS Kabupaten Jayapura, kata Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, ketika ditanya wartawan, termasuk Harian Pagi Papua, di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (16/4/2018) siang.

“Kita dukung dan dorong pelaksanaan pendataan mengenai data-data ekonomi yang akan dilakukan oleh BPS, terutama untuk kita melihat bagaimana usaha-usaha atau investasi-investasi yang sementara sedang berlangsung. Kemudian juga bagaimana tentang kondisi lapangan pekerjaan yang tersedia dan bagaimana penyerapan lapangan pekerjaan,” tambahnya.

Foto Bersama usai kegiatan PMTB. 9Irfan/HPP)

Mantan Ketua KPU Kabupaten Jayapura dua periode ini menyebutkan dari keakuratan data-data ini pihaknya mencoba melihat, apakah ini akan memberikan dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi yang ada di Kabupaten Jayapura. Sebab, dengan data yang akurat, nantinya juga bisa diketahui berapa jumlah investasi dan berapa sumber daya yang dipersiapkan.

“Saya pikir kondisi riil ini kita harus peroleh terlebih dahulu. Baru kita melihat dari data yang ada ini, bagaimana kita coba rencanakan program-program yang terfokus dan program-program yang terarah untuk memperbaiki situasi perekonomian yang ada,” katanya.

Diakui,  pihaknya sudah melakukan kebijakan-kebijakan untuk percepatan di bidang pendidikan, dengan pendidikan dasar yang kuat dan juga guru-guru kontrak yang sudah kita lakukan.

Kemudian di bidang kesehatan juga kita sudah lakukan, di bidang ekonomi sudah ada perubahan-perubahan yang kita lihat. Tapi, kita coba lebih jauh lagi bagaimana data-data yang lebih akurat lagi dan dari data itu kita coba menyusun serta melakukan program-program yang benar-benar untuk mengurangi kemiskinan dan juga menyediakan lapangan pekerjaan, sambungnya.

Walaupun impian kita mengalami peningkatan yang cukup drastis, tetapi kita coba melihat bahwa tingkat kepuasan dari masyarakat ini masih rendah.

Itu berarti masyarakat belum puas, dengan hasl-hasil yang kita kerjakan selama ini di Provinsi Papua. Oleh karena itu, dengan adanya data ini akan menjawab semua hal itu, paparnya.

Kita potensial di bidang pertanian dan bidang jasa, karena itu memberikan kontribusi yang besar bagi daerah ini. Kemudian juga kita bicara dengan pariwisata yang akan dikelola oleh swasta, dan saat ini mereka sedang melakukan persiapan-persiapan yang besar dengan melakukan pertemuan-pertemuan di berbagai stokeholder di bidang bisnis pariwisata, perhotelan dan agen perjalanan pariwisata (travel agen), tukas Bupati Mathius Awoitauw. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)