Telkom Fokus Perbaiki Jaringan Kabel Optik Jalur Selatan Papua

0
41

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –   Manajemen PT Telkom Witel Papua mengungkapkan proses perbaikan jaringan kabel optik bawah laut di jalur selatan Papua kini memasuki tahap akhir, dan Kapal Nusantara Explorer milik Telkom akan segera menuju Kota Sorong, Papua Barat.

“Perbaikan hari ini selesai, mundur dari jadwal karena ada titik putus baru di titik 30,3 KM dari Timika, sebenarnya di Kaimana sudah selesai sejak 13 April 2018,” ujar General Manager Telkom Witel Papua, Lonely Baringin Mangaranap, di Jayapura, Minggu.

Ia menjelaskan tim teknik di Kapal Nusantara Explorer akan terlebih dahulu memastikan jaringan kabel optik di kawasan selatan Papua beroperasi dengan baik sebelum mereka menuju Sorong untuk mengangkut material guna memperbaiki jaringan optik yang putus di perairan Sarmi-Biak.

“22 April kapal diagendakan tiba di Sorong dan mulai kerja di perairan Sarmi-Biak 25 April,” katanya.

Lonely memastikan dengan mundurnya jadwal pergesaran Kapal Nusantara Explorer dari perairaan Kaimana menuju Sorong, tiak akan mempengaruhi jadwal perbaikan kabel optik Sarmi-Biak yang sebelumnya diestimasi selesai pada 5 Mei 2018.

Menurut dia, proses perbaikan di perairan Sami-Biak masih bisa lebih cepat bila ternyata kabel optik tidak putus.

“Mudah-mudahan kabelnya tidak putus supaya proses pencariannya tidak susah, semoga hanya bengkok jadi proses pengangkatannya lebih mudah,” kata dia.

Sebagai informasi, jaringan kabel optik bawah laut Telkom putus di Perairan Sarmi-Biak sejak 6 April 2018.

Manajemen Telkom memperkirakan proses perbaikannya akan memakan waktu selama 28 hari atau pada 5 Mei 2018. (ant/ej / Koran Harian Pagi Papua)