TIMIKA (LINTAS PAPUA)  –  Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua, mengundang Presiden Joko Widodo untuk meresmikan fasilitas pusat olahraga atau Mimika Sport Centre yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng di Timika, Sabtu, mengaku telah membicarakan hal itu kepada Presiden Jokowi saat transit di Bandara Mozes Kilangin Timika, Kamis (12/4) dalam perjalanan kunjungan kerja ke Agats, Kabupaten Asmat.

“Saya menyampaikan kepada Presiden Jokowi bahwa ada beberapa fasilitas umum seperti Sport Centre yang harus bapak resmikan. Kami menunggu kesediaan waktu beliau untuk datang kembali meresmikan fasilitas itu. Beliau siap datang kembali ke Timika untuk meresmikan fasilitas sport centre untuk dipakai saat PON 2020,” ujar Eltinus.

Bupati Mimika mengatakan pemerintah dan masyarakat Mimika sangat merindukan Presiden Jokowi secara khusus melakukan kunjungan kerja di kabupaten penghasil tambang tembaga, emas dan perak itu.

Kerinduan masyarakat Mimika terhadap Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo sedikit terobati saat transit di Timika dari Asmat sebelum melanjutkan perjalanan kunjungan kerja ke Sorong, Provinsi Papua Barat pada Kamis (12/4) petang.

Saat itu, Presiden Jokowi bersama rombongan singgah untuk menikmati makanan khas Papua ‘Papeda dan Ikan Kuah Kuning’ di Restoran Cenderawasih 66 Timika.

Saat rombongan Presiden Jokowi hendak menuju Bandara Timika, ribuan masyarakat Kota Timika tumpah ruah di sepanjang Jalan Cenderawasih untuk sekedar melihat dan bersalaman dengan orang nomor satu di Indonesia itu.

Presiden Jokowi membagi-bagikan baju kaos dan buku-buku kepada warga di sepanjang perjalanan yang dijaga ketat oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) itu.

Bupati Eltinus Omaleng mengatakan membludaknya warga Timika yang spontan datang menemui Presiden Jokowi menunjukkan adanya perasaan kasih sayang warga dengan sosok Presiden Jokowi yang rendah hati dan apa adanya itu.

“Masyarakat Mimika rindu dan sayang kepada Bapak Presiden Jokowi. Kami sangat berharap Bapak Presiden Jokowi datang kembali berkunjung satu atau dua hari dan menginap di Timika untuk bisa menemui masyarakat secara langsung,” ujar Eltinus yang kembali maju mencalonkan diri sebagai Bupati Mimika periode 2018-2023.

Fasilitas Mimika Sport Centre dibangun oleh PT Freeport Indonesia, terletak di kawasan Timika Jaya-SP2, berhadapan dengan Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika.

Fasilitas ini dibangun sejak 2012 dan telah rampung sejak 2017.

Di lokasi seluas 10 hektare itu terdapat stadion terbuka khusus cabang olahraga atletik berstandar internasional, stadion tertutup untuk basket, voli dan bulu tangkis, wisma atlet dan lainnya. (ant/ej / Koran Harian Pagi Papua)