Pemkot Jayapura  Ajak Masyarakat Sadar Miliki Dokumen Penduduk

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura,  Merlan S Uloli., saat diwawancara di Kantor Walikota. (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura, Merlan S. Uloli mengemukakan langkah-langkah dalam melaksanakan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) meliputi empat program GISA.

Dikatakannya, pertama ialah program sadar kepemilikan dokumen kependudukan yang difokuskan kepada peningkatan perilaku tertib administrasi kependudukan dilingkungan keluarga, satuan pendidikan, satuan kerja dan komunitas masyarakat, kemudian pemenuhan kepemilikan dokumen kependudukan yang diperlukan oleh setiap penduduk, peningkatan nilai guna dokumen kependudukan bagi berbagai pelayanan publik, serta pencapaian target kinerja pemerintah daerah dibidang penerbitan dokumen kependudukan sesuai target nasional yang telah ditentukan.

“Kedua ialah program sadar pemutakhiran data penduduk yang difokuskan kepada peningkatan kesadaran penduduk untuk melaporkan setiap terjadi perubahan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh setiap penduduk, pelaksanaan pemutakhiran kartu keluarha sebagai data induk penduduk secara berskala, dan pelaksanaan konsolidasi data penduduk secara tertib dan teratur melalui aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK),” ucapkan kepada wartawan di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (11/4/2018).

Lanjutnya, yang ketiga yaitu program sadar pemanfaatan data kependudukan sebagai satu-satunya data yang dipergunakan untuk semua kepentingan, yang difokuskan kepada pemanfaatan data kependudukan oleh seluruh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) untuk perencanaan pembangunan, pelayanan publik, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, penegakan hukim dan pencegahan kriminal. Serta pemberian kemudahan bagi lembaga pengguna data non lembava vertikal skala provinsi, kabupaten/kota dalam kerjasama pemanfaatan data kependudukan skala provinsi, kabupaten/kota.

KOTA JAYAPURA . (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

Terakhir, dipaparkannya, yani program sadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat yang bahagia, yang difokuskan kepada peningkatan perilaku aparatur untuk mendukung pelayanan administrasi kependudukan, menyederhanakan mekanisme dan syarat pelayanan administrasi kependudukan, membuat inovasi pelayanan administrasi kependudukan sehingga pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien, serta selanjutnya mengembangkan sistem pelayanan administrasi kependudukan yang online dan terintegritas antara peristiwa kependudukan dan periatiwa penting yang berkaitan. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

 

 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...