Mepago Satu Hati Pilih JWW – HMS Jadi Gubernur Papua

0
39

WAGETE (LINTAS PAPUA)  –  Masyarakat diwilayah Me Pago sepakat memberikan suara untuk pasangan gubernur dan wakil gubernur Papua nomor urut 2 John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae pada pencoblosan Pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang.

 

Pernyataan sikap masyarakat untuk memberikan dukungan seluruhnya itu disampaikan para kepala suku saat tatap muka dengan JWW -HMS di Nabire, di Paniai, di Wagete dan di Maonamani selama 2 hari kunjungan di 4 kabupaten tersebut.

 

Dalam setiap pertemuan dengan masyarakat, John Wempi Wetipo menyampaian tentang visi misi pasangan Papua cerdas tersebut yang memuat 9 program utama jika terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Papua antara lain Papua cerdas, Papua sehat, Papua damai, Papua berpendapatan pasti dan Papua mekar.

John Wempi Wetipo, dalam sebuah kegiatan kampanye. (ISTIMEWA)

” Dalam Program Papua mekar, jika kami terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur maka pemekaran daerah harus dilakukan, karena dengan pemekaranlah kita dapat mempercepat pembangunan,” jelas Wempi.

 

Untuk itu pemekaran provinsi Papua Selatan, Papua Tengah harus dilakukan agar sama dengan Papua Barat yang pembangunannya sangat cepat.

 

” Dari sisi IPM dan ukuran kebahagiaan Papua Barat sudah lebih tinggi dari Papua. Pada hal Papua Barat itu lahir dari Papua,” katanya.

 

Lebih jauh Wempi mengatakan, jika dilihat data statistik untuk tingkat IPM provinsi Papua, pada masa Gubernur Bas Suebu IPM Papua mencapai 62.89 namun pada tahun 2013 -2015 tingkat IPM Papua menjadi 58,02 ini berarti terjadi penurunan, sementara IPM Papua Barat jauh lebih tinggi dari Papua mencapai 68,0 lebih.

 

” Jadi sekarang IPM Papua Barat jauh lebih tinggi dari kita di Papua, maka masalah pendidikan menjadi perhatian utama kita, agar bisa menaikkan IPM Papua,” katanya.

 

Sementara itu Kepala Suku Mee, Frans Mote mengatakan, bahwa masyarakat ini menginginkan ada perubahan dalam kehidupannya.

 

Jadi siapa yang bisa melakukan perubahan itu yang dipilih jadi pemimpin.

 

” Selama ini masyarakat harap ada perhatian pemerintah bagi mereka, tapi itu tidak terjadi, maka kita lihat visi misi JWW dan HMS sangat memperhatikan rakyat, jadi kita akan berikan suara untuk pasangan nomor 2 ini,” ujar Frans saat ditemui wartawan usai mengikuti Kampanye tertutup Pasangan JWW-HMS di Wagete, Kamis (5/4/2018).

 

Dia juga mengatakan, kalau saat ini masyarakat pemimpin yang mau turun langsung ke kampung, agar bisa melihat kebutuhan masyarakat disana.

 

” Selama ini masyarakat di Deiyai ini tidak kenal sama gubernur Papua, mereka kira tadinya John Wempi dan Habel Suwae itu sudah gubernur dan wakil gubernur. Jadi masyarakat sekarang tau itu kalau John Wempi itu yang gubernur Papua,” tandasnya. ( Tim Josua)