Gallery – Bupati Mathius Awoitauw Menerima SINDO Government Award 2018

 

 

JAKARTA (LINTAS PAPUA) – Menjadi kepala daerah merupakan sebuah momentum. Tidak semua orang bisa menjadi kepala daerah. Sebab, hanya orang-orang terbaik yang bisa mendapatkan momentum penting itu. Tinggal bagaimana memanfaatkan masa emas dalam masa bakti mengelola pembagunan daerah, Kamis (5/4/2018).

Banyak kepala daerah telah berhasil mengalami metamorfosis yang sangat cepat dalam berimprovisasi. Ini bisa diperlihatkan dengan kemampuan banyak kepala daerah yang melahirkan inovasi dan kreativitas tinggi dalam kapasitasnya sebagai pemimpin daerah.

 

Untuk mengapresiasi inovasi dari para kepala daerah itu, Majalah SINDO Weekly menggelar agenda tahunan bertajuk Government Award. Pada 2018 ini, merupakan Government Award  yang kelima kalinya.

“Ini merupakan agenda tahunan yang merupakan rangkaian ulang tahun Majalah SINDO Weekly. Ajang ini lahir dari niat tulus untuk mempromosikan sekaligus mengapresiasi keberhasilan pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah,” kata Pemimpin Redaksi SINDO Weekly, Nevy  Hetharia.

 

Kali ini, sambung Nevy, SINDO Weekly memberikan penghargaan kepada kepala daerah, mulai tingkat kota, kabupaten dan provinsi pada beberapa kategori. “Mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, investasi, layanan publik, pariwisata, e-Government dan lain-lain,” imbuhnya.

 

Sejak pertama kali dilaksanakan tahun 2014 lalu hingga 2017, Majalah SINDO Weekly telah menyematkan 158 penghargaan kepada Gubernur, Wali Kota, dan Bupati di ajang Government Award.  Untuk tahun 2018, sebanyak 36 penghargaan akan diberikan kepada para pimpinan daerah. Sehingga total penghargaan Government Award yang diberikan hingga 2018 sudah mencapai 174 penghargaan.

 

Tahun ini, selain mengapresiasi kinerja pemerintah daerah, SINDO Weekly juga mengapresiasi para tokoh di daerah yang dinilai telah menjadi inspirasi bagi kepala daerah lainnya. Mereka terdiri dari kepala daerah yang masih menjabat dan yang tidak sedang menjabat serta pimpinan DPRD. Dan tahun ini juga diberikan penghargaan khusus ADI PARIPURNA BHAKTI kepada kepala daerah yang sudah menjalani dua periode kepemimpinan dengan prestasi gemilang.

 

 

“Penghargaan ADI PARIPURNA BHAKTI merupakan apresiasi tertinggi. Mereka adalah pimpinan daerah yang harus menyelesaikan pengabdiannya karena dibatasi undang-undang. Padahal mengutip hasil survei Kementerian Dalam Negeri, mereka sesungguhnya masih diinginkan masyarakat untuk menjadi kepala daerah,” paparnya.

 

Penilaian terhadap kepala daerah berprestasi dan inspiratif dilakukan oleh tim Redaksi SINDO Weekly bersama beberapa pihak. Metode penilaian diawali melalui riset dari berbagai referensi, kemudian tim redaksi menentukan tiga nominator pemenang untuk masing-masing kategori. Setiap nominator diminta mengirimkan data-data mengenai keistimewaan yang mereka miliki sesuai kategori yang ditetapkan.

 

“Selanjutnya, melakukan observasi ke sejumlah daerah nominator pemenang. Observasi meliputi wawancara tatap muka dengan akademisi, masyarakat, dan kepala daerah. Hasil obversasi kemudian didiskusikan bersama ketua tim juri sebagai rujukan untuk menentukan pemenang,” papar Nevy.

 

Semoga apresiasi yang diberikan SINDO Weekly ini dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan pemerintah daerah. “Selain itu bisa menjadi rujukan dan motivasi bagi daerah lain untuk meningkatkan kinerjanya. Selamat, dan terus berinovasi agar bisa menginspirasi pemimpin lainnya,” pungkas Nevy. (***)

 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...