Bupati Mathius Tinjau Pelaksanaan UNBK di SMKN 1 Hawaii Sentani

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, saat berbincang dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Alpius Toam, S.T., M.MT, Kepala SMKN 1 Penerbangan Budi Riyanto dan Plt Kepala SMKN 1 Sentani. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si, melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 1 Hawaii-Sentani, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Selasa (3/4/2018) pagi.

Dalam tinjauan, Bupati Mathius didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, ST, M.MT, itu meninjau sejumlah ruangan ujian di SMKN 1 Hawaii-Sentani dengan sistem UNBK.

“Jadi, meski SMK kini dikelola Provinsi. Tetapi, wilayah berada di Kabupaten Jayapura dan siswa-siswi nya adalah masyarakat kita. Apapun yang terjadi permasalahan tentunya tidak bisa kita lepas. Maka dari itu saya tetap melihat dan memantau serta saya harus mengetahui bagaimana penyelenggaraannya secara koordinasi, sehingga nanti apabila ada pertemuan di provinsi, saya bisa jawab,” kata Mathius.

Lanjut Bupati Mathius, anak-anak yang sedang melaksanakan UNBK ini, dirinya melihat dan mengecek bagaimana fasilitas-fasilitas pendukung untuk pelaksanaan ujian tersebut.

“Kemudian perkembangan dari sekolah-sekolah yang melaksanakan ujian. Jadi, saya pikir semuanya sudah jalan yang sesuai dengan rencana. Mudah-mudahan hasilnya juga bisa lebih bagus lagi,” ujarnya.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, saat berbincang dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Alpius Toam, S.T., M.MT, Kepala SMKN 1 Penerbangan Budi Riyanto dan Plt Kepala SMKN 1 Sentani. (Irfan / HPP)

“Jadi, anak-anak didikku beri jawaban yang berkualitas dengan rajin belajar, giat berdoa dan selalu bertekad untuk menjadi siswa yang berprestasi serta dapat membanggakan orang tua dan banggakan Kabupaten Jayapura,” tukas Mathius Awoitauw.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, ST, M.MT., mengapresiasi dan menyambut baik kepedulian Bupati Jayapura yang turut memantau pelaksanaan UNBK SMK, hal ini tentunya membuktikan koordinasi yang baik antara Pemkab Jayapura bersama Pemprov Papua dibidang pendidikan.

“Jadi, kunjungan bapak Bupati kesini untuk memastikan pelaksanaan UNBK tingkat SMK. Kebetulan karena kita di Papua, baru hari ini (kemarin) mulai menjadi hari pertama pelaksanaan ujian. Sedangkan serentak secara nasional itu sudah dilaksanakan sejak hari Senin, tanggal 2 April 2018 lalu,” ucapnya.

Alpius Toam menuturkan, biasanya pelaksanaan ujian nasional ini biasanya dibuka oleh Bupati Jayapura.

“Ya, bapak Bupati hanya berkunjung untuk melihat pelaksanaan nasional saja. Kalau tahun lalu dalam pelaksanaan ujian nasional itu bapak Bupati yang membukanya, karena kewenangan tanggung jawab dan pengelolaan SMA/SMK masih di kabupaten,” tuturnya.

“Namun untuk hari ini (kemarin) pak Bupati hanya datang mengunjungi saja, guna memantau pelakanaan ujian itu sendiri. Terutama untuk memastikan pelaksanaan ujian baik dari sisi ketersediaan fasilitas utama maupun fasilitas pendukung, termasuk listrik yang merupakan tanggung jawab di daerah,” sambung Alpius.

Diharapkan, pelaksanaan UNBK tingkat SMA/SMK di Kabupaten Jayapura tidak mengalami kendala maupun gangguan teknis.

“Kalaupun ada kendala tentunya nanti kita akan laporkan ke beliau agar dapat memberikan dukungan dalam kapasitas sebagai pimpinan daerah,” paparnya.

Jumlah peserta UNBK tingkat SMK itu sebanyak 691 orang dari 6 SMK yang ada di Kabupaten Jayapura. Untuk siswa berjumlah 427 orang dan siswi berjumlah 265 orang. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...