Bupati Mathius Awoitauw Bersama 35 Kepala Daerah Raih Apresiasi SINDO Government Award 2018

0
67

 

JAKARTA (LINTAS  PAPUA)  – Menjadi kepala daerah merupakan sebuah momentum. Tidak semua orang bisa menjadi kepala daerah. Sebab, hanya orang-orang terbaik yang bisa mendapatkan momentum penting itu. Tinggal bagaimana memanfaatkan masa emas dalam masa bakti mengelola pembagunan daerah, Kamis (5/4/2018).

Banyak kepala daerah telah berhasil mengalami metamorfosis yang sangat cepat dalam berimprovisasi. Ini bisa diperlihatkan dengan kemampuan banyak kepala daerah yang melahirkan inovasi dan kreativitas tinggi dalam kapasitasnya sebagai pemimpin daerah.

 

Untuk mengapresiasi inovasi dari para kepala daerah itu, Majalah SINDO Weekly menggelar agenda tahunan bertajuk Government Award. Pada 2018 ini, merupakan Government Award  yang kelima kalinya.

“Ini merupakan agenda tahunan yang merupakan rangkaian ulang tahun Majalah SINDO Weekly. Ajang ini lahir dari niat tulus untuk mempromosikan sekaligus mengapresiasi keberhasilan pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah,” kata Pemimpin Redaksi SINDO Weekly, Nevy  Hetharia.

 

Kali ini, sambung Nevy, SINDO Weekly memberikan penghargaan kepada kepala daerah, mulai tingkat kota, kabupaten dan provinsi pada beberapa kategori. “Mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, investasi, layanan publik, pariwisata, e-Government dan lain-lain,” imbuhnya.

 

Sejak pertama kali dilaksanakan tahun 2014 lalu hingga 2017, Majalah SINDO Weekly telah menyematkan 158 penghargaan kepada Gubernur, Wali Kota, dan Bupati di ajang Government Award.  Untuk tahun 2018, sebanyak 36 penghargaan akan diberikan kepada para pimpinan daerah. Sehingga total penghargaan Government Award yang diberikan hingga 2018 sudah mencapai 174 penghargaan.

 

Tahun ini, selain mengapresiasi kinerja pemerintah daerah, SINDO Weekly juga mengapresiasi para tokoh di daerah yang dinilai telah menjadi inspirasi bagi kepala daerah lainnya. Mereka terdiri dari kepala daerah yang masih menjabat dan yang tidak sedang menjabat serta pimpinan DPRD. Dan tahun ini juga diberikan penghargaan khusus ADI PARIPURNA BHAKTI kepada kepala daerah yang sudah menjalani dua periode kepemimpinan dengan prestasi gemilang.

 

 

“Penghargaan ADI PARIPURNA BHAKTI merupakan apresiasi tertinggi. Mereka adalah pimpinan daerah yang harus menyelesaikan pengabdiannya karena dibatasi undang-undang. Padahal mengutip hasil survei Kementerian Dalam Negeri, mereka sesungguhnya masih diinginkan masyarakat untuk menjadi kepala daerah,” paparnya.

 

Penilaian terhadap kepala daerah berprestasi dan inspiratif dilakukan oleh tim Redaksi SINDO Weekly bersama beberapa pihak. Metode penilaian diawali melalui riset dari berbagai referensi, kemudian tim redaksi menentukan tiga nominator pemenang untuk masing-masing kategori. Setiap nominator diminta mengirimkan data-data mengenai keistimewaan yang mereka miliki sesuai kategori yang ditetapkan.

 

“Selanjutnya, melakukan observasi ke sejumlah daerah nominator pemenang. Observasi meliputi wawancara tatap muka dengan akademisi, masyarakat, dan kepala daerah. Hasil obversasi kemudian didiskusikan bersama ketua tim juri sebagai rujukan untuk menentukan pemenang,” papar Nevy.

 

Semoga apresiasi yang diberikan SINDO Weekly ini dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan pemerintah daerah. “Selain itu bisa menjadi rujukan dan motivasi bagi daerah lain untuk meningkatkan kinerjanya. Selamat, dan terus berinovasi agar bisa menginspirasi pemimpin lainnya,” pungkas Nevy.

 

Bupati Mathius Awoitauw Terima Penghargaan Government Award 2018

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dalam hal ini Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, kembali akan menerima apresiasi dan juga penghargaan dari Sindo Weekly.

 

Penghargaan yang akan diberikan kepada orang nomor satu di Bumi Khenambay Umbay itu, yakni Sindo Weekly Government Award 2018 kategori Perempuan dan Anak.

 

Bupati Jayapura di jadwalkan akan menerima penghargaan tersebut pada 5 April 2018. Penghargaan ini akan diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahyo Kumolo di Hotel Pullman Grand Thamrin Ballroom, Jakarta. Menteri Kominfo RI, Menteri Pariwisata RI dan Chairman MNC Group direncanakan hadir pada malam penganugerahan tersebut.

Ketua MUI Papua, Toni Wanggai bersama Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat menghadiri pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad S.A.W. di SMK YPKP Sentani, Selasa (20/3/2018) pagi.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengakui apresiasi dan juga penghargaan itu dari Sindo Weekly Government Award 2018 untuk bidang Perempuan dan Anak.

 

“Ya, itu (penghargaan) dari Sindo Weekly dan ada sejumlah wartawan. Itu di bidang perempuan dan anak. Nah, kita ada lakukan inovasi-inovasi baru yang pertama, kerjasama dengan WVI dan juga beberapa NGO, kita pernah melakukan pertemuan akbar di Jakarta dengan mengundang sejumlah perusahaan-perusahaan besar yang ada di Jakarta,” kata Bupati Mathius ketika dikonfirmasi wartawan usai membuka Pra Musrenbang RKPD, Rabu (4/4/2018) siang.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat diwawancara. (Irfan ./ HPP)

Inovasi-inovasi baru itu, kata Bupati, pihaknya memperkenalkan mengenai gerakan Jayapura menuju ‘Jayapura Layak Anak’ atau ‘Jayapura Ramah Anak’.

 

“Nah, dari situlah muncul dukungan CSR dari perusahaan-perusahaan besar tersebut. Yakni, ada beberapa sekolah yang dibantu seperti pembangunan perpustakaan baik perpustakaan keliling dan dalam bentuk bangunan perpustakaan maupun bantuan-bantuan lain,” jelasnya.

 

Lanjut Bupati Mathius menyampaikan, pihaknya juga bekerjasama dengan Yayasan Indonesia Cerdas dan Universitas Pelita Harapan, untuk mengontrak guru-guru dalam rangka memenuhi kebutuhan guru di daerah ini.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat diwawancara. (Irfan /Koran Harian Pagi Papua)

“Kita juga kerjasama untuk guru-guru kontrak dengan Yayasan Indonesa Cerdas dan Universitas Pelita Harapan guna kekurangan guru-guru ini bisa kita penuhi di kampung-kampung. Bisa dilihat hasilnya luar biasa, karena ada perkembangan yang luar biasa di sekolah-sekolah yang ada di kampung-kampung, baik kemajuan dari anak-anak untuk membaca dan menulis ini juga ikut meningkat luar biasa,” tukasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

 

 

 

 

PEMENANG GOVERNMENT AWARDS 2018

 

NO NAMA WILAYAH KATEGORI
KABUPATEN
1 KABUPATEN TABANAN LAYANAN PUBLIK
2 KABUPATEN BEKASI INFRASTRUKTUR
3 KABUPATEN PAKPAK BHARAT INOVASI LAYANAN PUBLIK
4 KABUPATEN PEMALANG E-GOVERNMENT
5 KABUPATEN BOYOLALI PERTUMBUHAN EKONOMI
6 KABUPATEN JAYAPURA PEREMPUAN & ANAK
7 KABUPATEN SERANG INFRASTRUKTUR
8 KABUPATEN BANGGAI PARIWISATA
9 KABUPATEN SERDANG BEDAGAI KETAHANAN PANGAN
10 KABUPATEN GRESIK SANITASI LINGKUNGAN
11 KABUPATEN BATUBARA E-GOVERNMENT
12 KABUPATEN BANJAR SANITASI LINGKUNGAN
KOTA
13 KOTAPEKANBARU INVESTASI
14 KOTA TANGERANG SELATAN TATA RUANG DAN PEMUKIMAN
15 KOTA MALANG LINGKUNGAN
16 KOTA MADIUN LAYANAN PERIZINAN
17 KOTA AMBON SENI & BUDAYA
18 KOTA BATU PERTUMBUHAN EKONOMI
19 KOTA MANADO TOLERANSI
20 KOTA TANJUNGBALAI INFRASTRUKTUR
21 KOTA PASURUAN INOVASI LAYANAN PUBLIK
PROVINSI
22 PROVINSI JAWA BARAT INVESTASI
23 PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG PARIWISATA
24 PROVINSI SUMATERA BARAT UMKM
25 PROVINSI KALIMANTAN UTARA INFRASTRUKTUR
26 PROVINSI SUMATERA SELATAN INFRASTRUKTUR
TOKOH INSPIRATIF
27 Drs. NIKSON NABABAN TOKOH INSPIRATIF
28 KH. ABDUL GANI KASUBA TOKOH INSPIRATIF
29 HENDRAR PRIHADI TOKOH INSPIRATIF
30 Dr. H. FIRDAUS TOKOH INSPIRATIF
31 H. MOCHAMAD RIDWAN KAMIL TOKOH INSPIRATIF
32 IR. TRI RISMAHARINI TOKOH INSPIRATIF
33 IR. H. MOHAMMAD RAMADHAN POMANTO TOKOH INSPIRATIF
34 LUKMAN SAID TOKOH INSPIRATIF
ADI PARIPURNA BHAKTI
35 AHMAD HERYAWAN – GUBERNUR JAWA BARAT ADI PARIPURNA BHAKTI
36 ALEX NOERDIN – GUBERNUR SUMATERA SELATAN) ADI PARIPURNA BHAKTI