Bupati Awoitauw Minta OPD Terlibat Pembenahan Kawasan Wisata

ILUSTRASI FESTIVAL DANAU SENTANI. (Foto Ida Cesillia‎ Facebook)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si, meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk terlibat dalam pemetaan dan juga pembenahan kawasan wisata agar para wisatawan semakin tertarik berkunjung ke daerah ini.

“Keterlibatan seluruh instansi terkait sangat penting dalam proses pemetaan maupun pembenahan kawasan wisata yang ada di sini. Ya, bagaimana kawasan Danau Sentani dengan Cycloop ini dipetakan secara baik, kemudian dilakukan upaya-upaya perlindungan dan juga pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan itu untuk kita menuju kepada kota jasa,” katanya kepada wartawan di Aula Lantai I Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Selasa (3/4/2018) siang.

Ia mencontohkan, daerah ini menuju kepada kota jasa, maka pariwisata harus menjadi andalan untuk masa depan masyarakat di Kabupaten Jayapura.

Ilustrasi Festival Danau Sentani (David Maturbongs‎ Facebook)

Pemkab Jayapura menggelar rapat persiapan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) terkait pelestarian kawasan parawisata baik Cagar Alam Cycloop maupun Danau Sentani, yang rencananya akan di gelar pada Senin (9/4/2018) mendatang.

“Ini rapat persiapan untuk Pra Musrenbang pada minggu depan. Ya, kita coba bagaimana kawasan Cycloop dan Danau Sentani ini bisa di petakan secara baik, kemudian dilakukan upaya-upaya perlindungan dan juga pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan itu,” ujarnya pula.

Dikatakan, pihaknya berencana akan membentuk satu tim kecil untuk menangani pelestarian kawasan wisata Cagar Alam Cycloop dan Danau Sentani, agar pelestarian dua kawasan wisata tersebut bisa tertata dengan baik. Apalagi Kabupaten Jayapura akan menjadi tuan rumah PON XX tahun 2020 dan dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan Festival Danau Sentani (FDS) ke-XI 2018.

FESTIVAL LEMBAH GRIME NAWA (Ferdi Facebook)

“Kita harus melestarikan cagar alam Cycloop dan Danau Sentani, karena nantinya akan ada banyak wisatawan yang akan hadir dalam FDS XI dan juga PON XX yang akan dilakukan di Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya berharap, Dinas Pariwisata dan Lingkungan Hidup untuk berperan aktif dalam pengembangan wisata.

FESTIVAL TELUK TANAH MERAH (Foto Edwin Yepese Facebook)

“Saya meminta kepada seluruh OPD dan instansi terkait, untuk terus mendukung upaya-upaya yang akan dilakukan oleh tim kecil yang rencananya akan di bentuk dalam rapat Pra Musrenbang RKPD nanti,” pintanya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...