Gelaran MTQ ke-VII Kab. Keerom Dinilai Sukses

0
638
Penutupan MTQ Keerom. (Arif /HPP)
Penutupan MTQ Keerom. (Arif /HPP)

Hasilkan Juara Baru, Keerom Optimis Menatap MTQ Tingkat Provinsi di Nabire

KEEROM (LINTAS PAPUA)  –  Kabupaten Keerom menggelar MTQ (musabaqoh tilawatil quran) ke-VII selama dua hari (31 maret – 01 april) di Jaifuri, Distrik Skanto, Keerom. Pada gelaran kali ini, kegiatan digelar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN).

Sebelum acara pembukaan, pada pagi harinya dilakukan Pawai Taaruf yang diikuti para kafilah dari empat distrik di Keerom. Pawai ini adalah terobosan baru pada pelaksanaan MTQ kali ini sehingga mendapat sambutan hangat masyarakat Jaifuri, Arso III. Rute pawai adalah dari Halaman MIN menuju jalan poros melalui jalur barat selanjutnya dari jalan poros kembali ke MIN melalui jalur timur.

Pada acara pembukaan, Sabtu (31/3), Bupati Keerom, Muh. Markum SH, MH, MM, melalui Asisten III Setda Keerom, Drs. Winoto, MM, mengemukakan menyambut baik atas kegiatan MTQ ke-VII dan berharap dengan ajang tersebut ada peningkatan kualitas pembinaan generasi muda islam yang berujung pada peningkatan kualitas umat Muslim di Keerom.

‘’Ada beberapa target dan tujuan utama yang bisa diraih dengan kegiatan kali ini yaitu menjalin persatuan dan kesatuan bangsa antar warga masyarakat. Meningkatkan kerukunan antar umat beragama, serta menumbuhsuburkan dan kembangkan terus pembinaan dan bimbingan mental sprituil melalui lembaga-lembaga keagamaan yang ada sehingga masyarakat semakin meningkatkan keimaman dan ketakwaannya,’’ungkapnya.

Sementara itu pada acara penutupan (Minggu, 01/04), Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Keerom, Karel F Mambay, SE, SPd.K, mengemukakan penilaian bahwa kegiatan tersebut telah berjalan sukses. Menurutnya, pada kegiatan MTQ tahun ini semakin semarak, ini terlihat dari antusiasme para kafilah dari tingkat distrik dalam mengirimkan wakilnya ke MTQ Kabupaten.

‘’MTQ kali ini saya nilai telah berjalan dengan baik dan sukses, sukses dalam penyelenggaraan, sukses lomba dan sukses prestasi. Saya berharap ini bisa ditingkatkan lagi untuk penyelenggaraan berikutnya,’’ungkapnya.

Sedangkan Ketua LPTQ Keerom, Mashudi SH, MMP, atas kegiatan tersebut mengemukakan bersyukur atas terselenggaranya MTQ kali ini dengan baik. Ia menilai positif pada iven kali ini karena selain panitia memiliki terobosan baru dengan menggelar pawai taaruf, ia juga menilai banyak bibit-bibit muda berbakat yang bisa diandalkan Kab Keerom kedepannya. Bahkan banyak juara baru termasuk keluarnya Distrik Mannem sebagai juara umum pada iven kali ini.

‘’Para juara selanjutnya akan mendapat pembinaan dari LPTQ Keerom untuk mempersiapkan dirio dalam mengikuti ajang MTQ tingkat Provinsi Papua yang direncanakan bakal digelar pada Bulan mei mendatang. Sementara kepada yang belum juara, jangan patah semangat, terus giat belajar untuk meraih sukses yang tertunda,’’pesannya. ((rif/ej/ Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here