Bupati Mathius Awoitauw  Buka MTQ XXVII Tingkat Kab. Jayapura

0
551
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXVII tingkat Kabupaten Jayapura, bertempat di Pondok Pesantren Tarbiyatussibyan, Doyo Baru (Irfan / HPP)
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXVII tingkat Kabupaten Jayapura, bertempat di Pondok Pesantren Tarbiyatussibyan, Doyo Baru (Irfan / HPP)

Bupati Awoitauw Berharap Kafilah  Meraih Prestasi Tingkat Provinsi dan Nasional

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXVII tingkat Kabupaten Jayapura, bertempat di Pondok Pesantren Tarbiyatussibyan, Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura.

“Kami berharap kafilah yang meraih prestasi itu nantinya bisa mewakili tingkat provinsi dan Nasional. Bahkan kalau perlu sampai ke tingkat internasional seperti kafilah dari Kabupaten Jayapura diikutsertakan sebagai qoriah yang ikut dalam STQ maupun MTQ ditingkat Nasional di Mataram-NTB pada tahun 2016 lalu itu pernah meraih juara tiga tingkat internasional di Yordania,” kata Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, saat pembukaan MTQ ke-XXVII, Sabtu (31/3/2018) lalu.

Bupati Mathius mengatakan, pelaksanaan MTQ ini merupakan wadah yang mempertemukan para qori dan qori’ah, hafiz dan hafizah, serta segenap kafilah MTQ dari seluruh distrik se-Kabupaten Jayapura. Dalam momen ini, para kafilah datang untuk saling berlomba, mengasah kemampuan dan juga mengejar prestasi dalam seni baca Al-Qur’an, serta pemahaman akan isi kandungan Al-Qur’an.

“Sekaligus untuk mempererat silaturrahmi dan ukhuwah di antara kita semua, memperluas persaudaraan di antara sesama warga Bumi Khenambay Umbay,” katanya.

Selain itu, kata Bupati Mathius, pelaksanaan yang rutin ini tentunya diinginkan terjadinya proses kaderisasi, regenerasi dan pembinaan, membentuk insan-insan yang handal dan berdaya saing tinggi.

Bupati Mathius Awoitauw saat memberikan bantuan kepada LPTQ Distrik (Irfan /HPP)

“Sehingga didapatkan peningkatan kemampuan dan juga kualitas sumberdaya manusia Kabupaten Jayapura. Ajang MTQ ini bisa difungsikan secara maksimal sebagai proses seleksi guna menjaring seluruh potensi SDM dan generasi qur’ani di daerah kita ini, sesuai bidang bakat dan kemampuan masing-masing,” katanya lagi.

Menurut orang satu di kabupaten yang berjuluk “Bumi Khenambay Umbay”, pelaksanaan MTQ ini juga merupakan ajang seleksi para kafilah yang dipersiapkan untuk menghadapi STQ maupun MTQ tingkat Provinsi Papua yang akan dilaksanakan nanti di Kabupaten Nabire.

Disisi lain, Bupati Jayapura dua periode ini meminta para peserta mempersiapkan diri lebih optimal dan matang hingga berhasil meraih juara guna mewakili Kabupaten Jayapura baik di tingkat provinsi dan nasional, serta di tingkat internasional.

Sedangkan, penilaian MTQ ini melibatkan 27 dewan hakim.

“Semua dewan hakim itu sudah memiliki kompetensi sertifikasi yang dikeluarkan oleh LPTQ Kabupaten Jayapura,” katanya.

Foto Bersama Calon Jamaha Haji dari Kabupaten Jayapura. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

Ia mengatakan, mereka para dewan hakim akan menilai disesuaikan dengan bidang keahliannya, sehingga tidak diragukan lagi dalam memberikan penilaian pada peserta.

Untuk mencegah kecurangan juga melibatkan dewan pengawas agar penilaian pada lomba itu obyektif.

“Kami berharap MTQ ke-XXVII tingkat Kabupaten Jayapura ini memiliki kualitas untuk mewakili di tingkat provinsi hingga nasional,” harapnya.

Pembukaan MTQ yang berlangsung dengan sederhana dan khidmat ini, juga dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Jayapura Giri Wijayantoro, Ketua FKUB Kabupaten Jayapura Pdt. Hosea Taudufu, S.Th, M.Th, dan unsur Forkompimda Kabupaten Jayapura, Ketua Umum LPTQ yang juga Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP.,  dan disaksikan sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Jayapura serta tamu undangan lainnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

 

 

+++++++++++++++++++++++++======

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here