Jumlah DPS Untuk Pilgub Papua di Distrik Heram Capai 63.160 pemilih

564
Penyerahan Daftar Pemilih Sementara dari PPD Distrik Heram. (ISTIMEWA)
Ketua PPD Distrik HJeram, Harris Karubaba, S.IP. (ISTIMEWA)

Ketua PPD Heram Menyerahkan DPS kepada PPS

JAYAPURA (HPP)  –  Ketua Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Distrik Heram, Harris Karubaba S.IP., mengatakan, pihaknya menyerahkan dokumen terkait petunjuk teknis pengisian form perbaikan data pemilih pada Daftar pemilih sementara se Distrik Heram

 

Penyerahan ini dihadiri  ketua dan anggota PPD Heram,  Panwas Distrik Heram dan para ketua PPS se  – Distrik Heram (27/3/2018) di aula Kantor Kelurahan Hedam Padang Bulan Kota Jayapura.

“Atas  nama KPU kepada ketua2 PPS se distrik Heram diantarannya PPS kampung Waena 5 TPS.Kampung Yoka 5 TPS kelurahan hedam 25 TPS kelurahan yabansai 39 TPS dan kelurahan waena 39 TPS. Total jumlah pemilih hasil pemutahiran data pemilih yang telah disahkan menjadi DPS untuk Distrik Heram sebanyak 63.160 pemilihm,” ujar Harris Karubaba.S.IP., kepada  media di Waena, Rabu (28/3/2018).

 

Dikatakan, bahwa  masa tanggapan masyarakat terkait daftar pemilih ini telah dimulai sejak tanggal 24 Maret sd 2 April 2018 dan perbaikan oleh Panitia pemungutan Suara(PPS) 3 April sd 7 April pengumuman ditempel di kantor kelurahan/kampung hingga RT/RW dan tempat strategis lainnya.

Penyerahan Daftar Pemilih Sementara dari PPD Distrik Heram. (ISTIMEWA)

“Kami juga himbau kepada partai politik dan tim tim sukses agar dapat mengarahkan basis pemilihnya untuk terdaftar sebagai pemilih pada DPT kedepan. Sesuai dengan PKPU no.2 tahun 2017 tentang pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih dalam pemilihan Gubernur dan wakil gubernur. Bupati dan wakil bupati. Walikota dan/atau wakil walikota tahun 2018 yang berhak di daftar sebagai pemilih adalah warga yang memiliki e-ktp atau Surat keterangan yang dikeluarkan oleh Dispendukcapil khusus wilayah Kota Jayapura,” ungkapnya.

“Pemilih yang sudah tidak berdomisili di kampung atau kelurahan tersebut. Pemilih yang terdaftar lebih dari satu kali(ganda) dan sebagainya,’ katanya.

Ditambahkan, apabila ada perbaikan dan laporan masyarakat,  maka wajib mengisi formulir A.1.A.KWK merupakan formulir yang disediakan di Sekretariat Keluarahan Kampung dengan  menunjukan KTP – el dan Kartu keluarga dan selanjutnya akan diverifikasi oleh PPS

Pada saat pendataan oleh petugas PPDP ditingkat RT/RW Mungkin tidak maksimal krn satu dan lain hal oleh sebab itu warga penduduk kota jayapura dapat pro aktif mengecek namanya dalam daftar pemilih.

“Selama ini ada keluhan dari petugas soal asrama mahasiswa dan rumah rumah kost cenderung tidak dapat didata karena rata – rata warga kabupaten dan kota lain. mereka ini tentunya pasti masih terdaftar didaerahnya, sehingga kalau mau memilih di Kota Jayapura wajib mengurus surat pindah domisili dan bagi mereka yang belum melakukan perekaman agar segera melapor. Sehingga kedepan namanya dapat terdaftar dan hak pilihnya tidak hilang,”tandasnya.

Dirinya optimis, Distrik Heram warga dapat terdaftar minimal 80 % seluruhnya bagi yg tidak dapat terkaver dalam DPT nantinya tetap dapat memilih pada saat hari H 27 juni 2018 dengan hadir ke TPS dengan menunjukan identitas KTP-el ke KPPS dan didata dan bisa memilih pada pukul 12.00 sd 13.00 wit sebelum TPS ditutup.

“Dari data pemilih sementara ini jumlah pemilih bisa alami kenaikan  dan juga penurunan, tergantung tingkat partisipasi masyarakat,peran parpol sebagai sarana penyalur aspirasi politik masyarakat dan juga peran pemerintah Daerah kota jayapura, tingkat distrik dan kelurahan/kampung untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” ucapnya menjelaskan. (Eveerth Joumilena)