Habel Melkias Suwae : Pemekaran Solusi Percepatan dan Pemerataan Pembangunan

0
739
Habel Melkias Suwae, oleh Megawati Soekarnoputri dinilai, 8. Ketika menjabat Bupati Jayapura, banyak pihak datang ‘berguru’ kepadanya, karena sukses melaksanakan Program Pemberdayaan Distrik (PPD) yang kemudian diubah menjadi Program Pemberdayaan Distrik dan Kampung (PPDK). Program tersebut kemudian dibukukan menjadi sebuah buku yang berjudul ‘’Suara Hati yang Memberdayakan’’. (ISTIMEWA)

SERUI (LINTAS PAPUA)  –  Calon Wakil Gubernur Provinsi Papua nomor urut 2 Habel Melkias Suwae (HMS) menyebut pemekaran wilayah Yapen Utara, turut menjadi atensi pihaknya bersama John Wempi Wetipo (JWW) sebagai calon Gubernur Papua.

Pernyataan itu disampaikan Habel Melkias Suwae saat kampanye terbatas di gedung Tongkonan jalan KPR Serui Kabupaten Kepulauan Yapen, Selasa (27/3/2018).

Menurut Habel, program pemekaran menjadi salah satu program JWW-HMS dari 10 program yang diusung kandidat berslogan “Papua Cerdas”ini. Kata Habel, Pendekatan sektoral, pendekatan perangkat daerah baik Kabupaten maupun kota termasuk kampung dengan pemberian dana akan kurang berarti jika nyatanya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan indeks lainnya sebagai tolak ukur masih rendah.
“Karena jika hanya dengan pendekatan yang saat ini ada, akan begitu-begitu saja, yang dipelosok tetap akan tertinggal, sehingga solusi pemekaran kami sengaja usung untuk Papua yang berkeadilan,”ucapnya.

Habel mencontohkan Provinsi Papua Barat yang dimekarkan dari induknya Provinsi Papua. Dikatakan, meski baru dimekarkan namun Provinsi Papua Barat mampu lebih baik dari Papua.

“Kita tahu bersama, Provinsi Papua Barat baru dimekarkan dari Provinsi Papua, tapi kita lihat. Hasil survey tingkat IPM (Indeks Pembangunan Manusia,red) dan indeks kebahagiaan masyarakatnya, Papua Barat melejit dan bahkan bisa lebih unggul dari induknya Provinsi Papua,”kata Habel.

Sementara imbuh Habel, Papua masih menjadi Provinsi urutan terakhir dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, dari semua indikator yang menjadi tolak ukur.

“Percuma kalau kita bangga dengan Provinsi yang besar tapi kenyataannya kondisinya begini, akan lebih baik dan bangga kita jika mengurus provinsi kecil namun bisa merata pembangunannya infrastrukurnya termasuk pelayanan kepada masyarakat,”ucapnya.

Pasangahn Calon Gubernur Papua dan Calon Wakil Gubernur Papua,, John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae. (ISTIMEWA)

Atas dasar itu, dia menegaskan lagi jika tanpa pemekaran kata Habel, akan susah pemerataan pembangunan dilakukan. Masyarakat digunung-gunung, lembah-lembah atau pesisir pantai akan kurang maksimal dalam menerima program pemerintah. Baik infrastruktur maupun lainnya.

“Pemekaran adalah salah satu solusi pemerataan pembangunan. Dengan pemekarana kita bisa lebih menjangkau seluruh pelayanan hingga ke pelosok. Pembangunan infrastruktur dan sektor percepatan pembangunan lain termasuk pelayanan bagi masyarakat bisa lebih cepat dilakukan jika adanya pemekaran,”pungkasnya. (Tim Josua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here