Dinas Pendidikan Kab, Jayapura Fokus Penempatan Guru di Daerah Terpencil

0
1256
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam. (Richard Mayor)
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam. (Richard Mayor)

SENTANI (LINTAS PAPUA)  – Untuk menyikapi kekurangan guru yang ada di daerah terpencil saat ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, S.T, M.MT pada tahun 2018 ini akan memfokuskan penempatan tenaga guru di sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil.

 

 

Hal ini dilakukan untuk pemerataan tenaga guru di setiap sekolah di Kabupaten Jayapura sangat dibutuhkan guna mengembangkan dunia pendidikan di daerah ini menuju pada pencapaian kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.

 

 

“Jadi mulai tahun 2018, kita akan fokus pada penempatan tenaga guru di semua sekolah yang berada di Kabupaten Jayapura, terutama sekolah-sekolah yang berada di daerah pinggiran dan daerah terpencil,” kata Kadis Alpius Toam, ketika ditanya wartawan harian ini, belum lama ini.

 

 

Alpius menerangkan, fokus penempatana guru di lakukan agar pembangunan dunia pendidikan di setiap wilayah dapat bergerak maju dengan cepat. Di bangun gedung sekolah yang mewah namun tidak ada guru maka sama saja program pendidikan tidak berjalan.

 

 

“Biar kita siapkan guru. Sebab dengan adanya guru maka sarana penunjang belajar lain seperti gedung dan fasilitas lainnya dapat di gunakan yang ada di kampung,” ungkap pria yang pernah menjabat Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Hawai Sentani ini.

 

 

Dijelaskannya, kalau sarana pendidikan yang di bangun atau di adakan, seperti gedung sekolah, kursi meja, papan tuis sekalipun mewah tidak akan memberikan manfaat bagi anak murid karena tidak ada seorang guru yang akan mengajar.

 

 

Dikatakan, pihaknya pada tahun 2018 ini berencana merekrut sekaligus menempatkan sejumlah tenaga guru kontra di daerah pinggiran dan daerah terpencil guna memenuhi kebutuhan pengembangan pendidikan Kabupaten Jayapura.

 

 

Pihaknya akan berusaha terus untuk memberikan yang terbaik bagi daerah ini. Pendidikan merupakan kebutuhan utama dalam upaya menciptakan peradaban sebab hanya melalui pendidikan dapat merubah segala hal di daerah sesuai pemaknaan pengetahuan.

 

 

“Daerah-daerah terpencil di Kabupaten Jayapura seperti Distrik Airu, Kaureh, Yapsi, Ravenirara dan Yokari mendapat perhatian utama sebab wilayah-wilayah tersebut masih mengalami kekurangan tenaga guru,” sebutnya.

 

 

Alpius Toam juga mengharapkan, dukungan dari semua pihak di daerah ini untuk membangun pendidikan. Terutama, peran tokoh adat, pemerintah di setiap kampung sangat dibutuhkan dalam pengembangan pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Jayapura. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here