Pembukaan UPT II Senggi di Keerom Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

0
505
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Julito Pereira, (Arif/HPP)

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Julito Pereira, mengemukakan pembukaan UPT II Senggi oleh Bupati Keerom, Muh, Markum SH, MH, MM, beberapa hari lalu memilik dampak positif bagi masyarakat sekitar UPT (unit pemukiman transmigrasi).

‘’Pembukaan UPT SP II di Senggi dimaksudkan untuk percepatan pembangunan di Senggi, khususnya di daerah ini yang memang dicanangkan sebagai KTM atau kawasan terpadu mandiri Senggi. Sehingga kedepannya kita harapkan akan ada percepatan pembangunan di Senggi dan sekitarnya,’’ungkapnya pada sebuah kesempatan di Senggi belum lama ini.

Ditambahkan bahwa program transmigrasi yang dilakukan di Senggi diharapkan akan meningkatkan kesejaahteraan masyarakat baik di lokasi trans itu sendiri maupun masyarakat di sekitar lokasi trans. ‘’Diharapkan selain pertambahan penduduk yang memang diharapkan nantinya pembangunan daerah juga terpacu sehingga pada gilirannya akan membuka lapangan kerja baru dan peluang usaha yang semakin banyak,’’lanjutnya.

Menurutnya selain Senggi, dengan pertumbuhan tersebut maka akan berdampak juga lebih luas yaitu di Wilayah III. ‘’Selain itu iklim investasi di wilayah III juga diyakini akan meningkat,’’paparnya lebih lanjut.

Tentang sumber pendanaan kegiatan pembukaan UPT di SP II Senggi, dijelaskannya ada beberapa sumber, yang pertama adalah dari APBN melalui Kemendes dan PDT, juga ada dari dana dari APBD Provinsi Papua dan juga sharing APBD Keerom.

‘’Di tahun 2017  kemarin, pembangunan yang telah dilakukan diantaranya pembuatan jalan desa sepanjang 2,3 km, pembuatan jembatan kayu, pembangunan 50 unit rumah, sarana air bersih berupa sumur boor sebanyak 27 unit, pembukaan lahan 80 ha untuk lokasi trans, pembuatan rumah ibadah yaitu gereja katolik dan pembangunan Gedung sekolah dasar,’’pungkasnya.(Arif / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here