Sebar Pesan Kamtibmas, Polresta Jayapura Launching SMS Broadcast

120
Kapolres Jayapura Kota usai penandatanganan MoU SMS Broadcast bersama Manager Account Telkomsel Papua-Maluku, Senin (19/3). (Paul/HPP)
Kapolres Jayapura Kota usai penandatanganan MoU SMS Broadcast bersama Manager Account Telkomsel Papua-Maluku, Senin (19/3). (Paul/HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Polres Jayapura Kota akhirnya resmi melakukan penadatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PT.Telkomsel regional Papua-Maluku sekaligus melaunching SMS Broadcast berisi pesan singkat himbauan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polres Jayapura Kota.

SMS Broadcast itu dilaunching langsung dengan membunyikan sirene oleh Kapolres Jayapura Kota dengan Manager Regional Account Management (RAM) Telkomsel Papua-Maluku, dan disaksikan oleh Walikota Jayapura, Benhur Tommi Mano dan Dandim 1701 Jayapura, Letkol Inf. Nova Ismailiyanto serta para Tokoh Masyarakat dan Paguyuban yang ada di Kota Jayapura, lalu secara bersamaan dilakukan pengiriman sekitar 5.000 pesan singkat (SMS Broadcast -red) pertama kepada masyarakat pada pukul 11.00 Wit di halaman apel Mapolres Jayapura Kota, Senin (19/3).

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas menyampaikan, layanan SMS Broadcast tersebut merupakan hasil kerjasama antara Kepolisian dengan pihak PT.Telkomsel. Tujuannya agar komunikasi antar pihak kepolisian dengan masyarakat lebih efektif, khususnya dalam memberikan informasi atau himbauan Kamtibmas.

“Kita langsung uji coba menyebarkan pesan singkat berisi Pilkada Damai dan Tanpa Hoax kepada 5.000 pengguna Telkomsel. Nanti, himbauan dari berbagai satuan fungsi juga akan kami sebar secara berkelanjutan,” tuturnya.

Manager Regional Account Management (RAM) Telkomsel Papua-Maluku, Novrizal Sahrul dalam sambutannya mengaku, pihaknya senang dapat bekerjasama dengan pihak kepolisian. Sebab, hal ini merupakan bagian dari komitmen Telkomsel untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat dan juga instansi pemerintahan di berbagau wilayah yang terjangkau di Papua.

“SMS Broadcast ini adalah tekonlogi yang kami miliki saat ini untuk menyebarkan pesan singkat secara massal. Kedepan, kami akan terus mengembangkan infrakstruktur telekomunikasi dan menambah kapasitas jaringan yang ada,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Jayapura, Benhur Tommi Mano memberikan apresiasi atas diluncurkannya layanan SMS Broadcast tersebut. Ia berharap melalui teknologi tersebut, masyarakat semakin merasakan layanan kepolisian secara langsung.

“Pemerintah bersama-sama dengan Kepolisian akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya melalui layanan SMS Broadcast ini. Himbauan dari pesan singkat itu juga diharapkan dapat diindahkan oleh masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Diharapkannya dengan dukungan PT.Telkomsel, agar informasi bisa cepat disampaikan ke Polresta dan Polresta juga memberikan tindakan cepat di lapangan untuk meberikan rasa adil dan aman kepada masyarakat kota.

Selain itu, Benhur juga menghimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan SMS Broadcast serta mengunduh Aplikasi Noken Polres Jayapura guna melaporkan berbagai kejadian yang memungkinkan perlu bantuan dari pihak kepolisian di wilayah Kota Jayapura. (Cr-10/ab / Koran Harian Pagi Papua)