KW DJP Papua dan Maluku Himbau Wajib Pajak Laporan SPT

2
774
Suasana Jumpa Pers. Kepala KPP Pratama, Bayu Setiawan melaporkan, Sehubungan kinerja penerimaan pajak Kanwil DJP Papua dan Maluku dapat diinformasikan.. (Fransisca/LintasPapua.com)
Kepala Kanwil DJP Papua dan Maluku, Wansepta Nirwanda. (Fransisca / LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Direktorat Jendral pajak, Kantor wilayah DJP Papua dan Maluku menyampaikan  himbauan Lapor SPT melalui Fasilitas e-Filing dan Laporan Kinerja Penerimaan Pajak Kanwil DJP Papua dan Maluku Jayapura. Selasa(20/3/2018)Sehubungan periode pelaporan Surat pemberitahuan Tahunan Pajak penghasilan Orang pribadi (SPT PPh OP).

Kepala Kanwil DJP Papua dan Maluku, Wansepta Nirwanda, Mengingatkan bahwa pelaporan SPT PPh OP Tahun Pajak 2017 telah mendekati tanggal jatuh tempo. Yaitu tanggal 31 Maret 2018, lalu Bagi Pemben Kena / Bendaharawan yang belum menyerahkan Bukti Pemotongan 1721 A1/A2 kepada karyawannya agar segera menyerahkan Bukti Pemotongan 1721 A1IA2 tersebut karena Bukti Pemotongan 1721 A1/A2 digunakan sebagai dasar pengisian SPT PPh Tahunan oleh Wajib Pajak Orang pribadi.

Wajib Pajak dihimbau untuk memanfaatkan fasilitas pelaporan SPT melalu: e-Filing merupakan Surat Pemberitahuan (SPT) secara electronic yang dilakukan secara online dan real time kapanpun dan dimanapun melalui internet pada situs Direktorat Jenderal Pajak http://www.pajak.go.id atau melalui http:djponline.pajak.go.id atau Penyedia Layanan SPT Elektronik atau Application Service Provider (ASP).”

Kemudian,”Berdasarkan data penyampaian SPT melalui e-Filing di Wilayah Kanwil DJP Papua dan Maluku per han Jumat, 16 Maret 2018 pukul 11.04 46 WIT menunjukkan dan’ jumlah sasaran e-Flllng sebanyak 106 862 Wapb Pajak yang telah melaporkan SPT PPh (Badan dan Orang Pnbadi) melalui e-Filing sebanyak 31.772 Wajlb Pajak atau mencapai 29.73 %.”

 

Ilustrasi Karyawan Direktorat Jendral Pajak (DJP) Kantor wilayah Maluku Papua mengkampayekan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) 2017. (Fransisca / LintasPapua.com)

Lanjutnya “Kegiatan sesuaikan terus dilakukan dalam menaikan tingkat partisipasi masyarakat untuk melaporkan SPT Tahunannya menggunakan e-Filing salah satunya acara Spectacular 2018 dengan tema ‘bayarnya e-Billing,Lapornya e-Filing pada hari Selasa, 20 Maret 2018 di area Lapangan Parkir KPP Pratama Jayapura mulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIT.”

 

 

 

 

“Untuk setoran pajak, wajib pajak dihimbau menggunakan fasilitas e-Billing yang memungkinkan wajib pajak bayar pajak secara online, tanpa harus datang dan antre lagi di bank e-Billing menggantikan system pembayaran manual yang menggunakan Surat Setoran Pajak (SSP). e-Biling Online Pajak terintegrasi dengan Bank Persepsi serta aplikasi Hitung PPh, PPN. e-Faktur dan e-Filing di satu aplikasi sehingga pembayaran pajak online jadi lebih efisien dan mudah.”tutupnya

Suasana Jumpa Pers. Kepala KPP Pratama, Bayu Setiawan melaporkan, Sehubungan kinerja penerimaan pajak Kanwil DJP Papua dan Maluku dapat diinformasikan.. (Fransisca/LintasPapua.com)

“Untuk Tahun 2018 rencana penerimaan Kanwil DJP Papua dan Maluku adalah sebesar Rp.12.091.745.356.000,dan sampai dengan 16 Maret 2018 realisasi penerimaan neto Kanwil DJP Papua dan Maluku adalah sebesar Rp.1.392 507.813.995.atau 11.52 %. Dengan komposisi penerimaan per Kantor Pelayanan Pajak.”

Kemudian, Peranan 5 (lima) sektor dominan penopang penerimaan pajak Kanwil DJP Papua dan Maluku tahun 2018 (periode Januari Februari 2018). yaitu Konstruksi (25,32%); Pertambangan dan penggalian (21.87%); Administrasi pemerintahan dan jaminan sosial wajib (13.77%);Jasa keuangan dan asuransi (10,61%);Perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor (9.90%);Lainnya (18,53%)”

“Untuk mencapai target penerimaan 2018 diupayakan penggalian potensi dari kegiatan intensifikasi dan ekstensifikasi, analisa data-data perpajakan serta percepatan ketja sama program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) dan kerja sama penyampaian data yang terkait dengan perpajakan dari lnstansi Pemerintah, Lembaga, Asosiasi dan Pihak lainnya (Data ILAP) yang salah satunya telah dilakukan penandatangan kerja sama antara Kanwil DJP Papua dan Maluku dengan Pemerintah Kota Jayapura pada hari Senin, 12 Maret 2018 yang lalu.”tandasnya. (Fransisca / LintasPapua.com)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here