Pencari Kerja di Kota Jayapura Harus Miliki Kartu Kuning AK-1

0
974
KOTA JAYAPURA . (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)
KOTA JAYAPURA . (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dinas Tenaga Kerja sebagai satu-satunya penyedia tenaga kerja resmi pemerintah bagi perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Jayapura, Djoni Naa mengatakan salah satu cara agar data para pencari kerja (pencaker) atau pengangguran itu terdata di dinasnya, maka pencaker diharuskan untuk membuat Kartu Kuning atau yang disebut juga dengan AK-1 atau Kartu Tanda Pencaker.

 

“Manfaat utama dari Kartu Kuning ialah agar kami dapat mendata jumlah pencaker atau pengangguran angkatan kerja di wilayah Kota Jayapura,” jelas Djoni kepada HPP diruang kerjanya, Rabu (14/3).

 

Lanjutnya, selain berfungsi juga untuk melamar pekerjaan di lingkup pemerintahan, Kartu Kuning tersebut bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan swasta.

 

Dengan adanya kartu itu, dikatakannya pencaker bisa mencari kerja secara mandiri atau menunggu penyaluran dari dinasnya.

Kepala Disnaker Kota Jayapura, Djoni Naa, saat diwawancara. (Elsye Sanyi/HPP)

Oleh sebab itu, untuk mengetahui keseluruhan jumlah pencaker di Kota Jayapura, Djoni mengimbau kepada semua perusahaan swasta agar menyertakan Kartu Kuning sebagai salah satu syarat dalam perekrutan karyawan.

 

“Ketika perusahaan menganjurkan calon tenaga kerja untuk mengurus kartu kuning atau AK-1 itu, sama saja ia sudah membantu pemerintah untuk bisa mengetahui pasti berapajumlah pencaker dan pengangguran angkatan kerja yang ada di kota Jayapura,” tandasnya.

 

Menurutnya kebanyakan perusahaan di Kota Jayapura tidak memberlakukan hal itu, sehingga pihaknya hanya mendata jumlah pencaker berdasarkan kartu kuning yang terdaftar dalam data dinasnya.

 

“Sehingga kita berharap agar perusahaan swasta diharuskan dapat menganjurkan pencaker untuk mengurus kartu kuning,” harapnya. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

 

.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here