Musrenbang Distrik Jayapura Utara Bahas 485 Program

82
Suasana pembukaan Musrenbang Distrik Japut 2018 di Hotel Andalucia Dok IX Jayapura. (Elsye Sanyi /HPP)
Suasana pembukaan Musrenbang Distrik Japut 2018 di Hotel Andalucia Dok IX Jayapura. (Elsye Sanyi /HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Distrik Jayapura Utara (Japut) menyelenggarakan Musyawarah Perecanaan Pembangunan (Musrenbang) tigkat Distrik Japut, membahas dan menyepakati 485 program dan kegiatan dari hasil-hasil Musrenbang tingkat kelurahan/kampung dan distrik, bertempat di Hotel Andalucia Dok IX Jayapura, Selasa (13/3/2018) pekan kemarin.

 

Wali Kota Jayapura yang diwakili oleh Staf Ahli Wali Kota Jayapura bidang Politik, Hukum dan Hak Asasi Manusia, Elby Uneputty membuka secara resmi kegiatan Musrenbang tersebut. Turut hadir dalam pembukaan Musrenbang itu Wakil Ketua I dan anggota DPRD Daerah Pemilihan I Kota Jayapura, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemkot Jayapura, Kapolsek Japut dan Danramil Japut.

 

Kepala Distrik Jayapura Utara, Adam Rumbiak menjelaskan,  bahwa pelaksanaan Musrenbang Japut merupakan forum perencanaan pembangunan tahunan di tingkat distrik yang bertujuan untuk membahas dan menyepakati hasil hasil Musrenbang dari tingkat kelurahan dan distrik yang akan menjadi kegiatan prioritas pembangunan di tingkat distrik serta membahas dan menetapkan program atau kegiatan yang akan diteruskan ke tingkat OPD pada Musrenbang Kota Jayapura.

 

“Musrenbang ini akan membahas program prioritas dengan jumlah usulan kegiatan sebanyak 458 program, yang kemudian akan dirasionalisasikan dan ditetapkan sebagai program prioritas di tingkat distrik dan diteruskan ke tingkat opd. Dengan total dana Rp. 176.086.100.000,” ujarnya

 

Selain membahas program-program yang baru, Adam mengakui bahwa akan dilakukannya evaluasi program yang lama di tahun lalu. Lanjutnya, pembiayaan pelaksanaan Musrenbang Distrik Japut tahun 2018 bersumber dari DPA Distrik Japut tahun 2018.

 

Adapun peserta Musrenbang Japut terdiri dari para Kepala Kelurahan se-Distrik Japut, Delegasi Kelurahan, Sekretaris Distrik, kepala seksi, kepala sub bagian dan perwakilan staf Distrik Japut, kepala puskesmas se-Distrik Japut, perwakilan beberapa sekolah di wilayah Japut, utusan Tim Penggerak PKK Japut, Ketua KNPI Japut, PNPM Mandiri Prospek, Program Kotaku, utusan OPD dan anggota DPRD Kota Jayapura Dapil I.

 

Sementara itu, Staf Ahli Wali Kota Jayapura bidang politik, hukum dan HAM, Elby Uneputty berharap agar hasil Musrenbang Distrik Japut yang akan ditetapkan itu adalah benar-benar program yang diusulkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di wilayah Distrik Japut. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)