67 Peserta Ikuti Pemilihan Tan dan Monj Port Numbay

0
789
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jayapura, Matias B. Mano, saat memberikan sambutan kepada 67 peserta pemilihan Tan dan Monj Port Numbay. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kembali menggelar Seleksi Pemilihan Putra Putri Pariwisata Port Numbay atau Tan dan Monj Port Numbay, yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jayapura, Matias B. Mano, bertempat di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jayapura, Kamis (15/3/2018).

Keindahan Teluk Youtefa, tampak Hamadi Tobati dan Holtekamp yang masih dilalui dengan perahu, sehingga akan dibangun jembatan penyeberangan. (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

Menurut Mano, jumlah peserta pemilihan Tan dan Monj Port Numbay kali ini menurun dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 105 peserta.

 

“Tahun ini pendaftar sebanyak 67 orang, terdiri dari 22 laki-laki dan 45 perempuan,” ujarnya kepada HPP usai membuka kegiatan seleksi awal pemilihan Tan dan Monj.

Keceriaan bersama Monj Port Numbay 2017di Abesauw, dalam sebuah kegiatan cinta lingkungan Teluk Youtefa. (LintasPapua.com)

Kegiatan reguler yang dilakukan tiap tahun itu, dikatakannya guna memilih wakil atau duta-duta muda yang memiliki potensi atau kecakapan baik fisik maupun keilmuan di bidang pariwisata.

 

“Saya harap peserta dapat mengikuti tahapan proses seleksi dengan baik, ikuti aturan yang disampaikan oleh dewan juri,” pesannya.

Keceriaan bersama Monj Port Numbay 2017di Abesauw.
(LintasPapua.com)

Ia juga menyampaikan bahwa apapun hasilnya harus diterima dengan lapang dada. “Jika belum berhasil, silahkan mencoba lagi ditahun mendatang. Apabila belum lagi berhasil berarti mungkin bakatnya ada di bidang lain, seperti olahraga,” jelasnya.

 

Lanjutnya, ke-67 peserta itu berpotensi untuk mengembangkan bakatnya dibidang lainnya juga, dicontohkannya seperti mempersiapkan diri dan mengambil bagian dalam PON 2020 mendatang.

Keceriaan bersama Monj Port Numbay 2017di Abesauw (LintasPapua.com)

“Pelaksanaan PON nantinya akan membutuhkan banyak pansel jadi bisa melibatkan diri kegiatan itu, yang berhasil terpilih juga nantinya akan menjadi duta-duta PON 2020, jadi saya harus harus berusaha dengan baik,” harapnya.

 

Ditambahkannya, dari jumlah peserta yang ada akan dipilih 20 peserta yang lulus seleksi tahap awal, terdiri dari 10 putra dan 10 putri, yang kemudian akan dikarantinakan pada 18-20 Maret 2018, dan akan dilanjutkan dengan seleksi final pada 21 Maret mendatang.

Tan dan Monj Port Numbay, saat foto bersama Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., dan Mantan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, usai pembukaan Festival Teluk Humbolt beberapa waktu lalu. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Terkait materi seleksi, dijelaskannya tidak terlepas dari kategori bagaimana pemuda melihat pentingnya pariwisata dan budaya di Kota Jayapura.

 

Adapun juri seleksi diantaranya Jefri Nendisa, Merry Manupapami, dan Jimmy Afaar. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here