Korban Kebakaran di Asiki Curhat Kepada Calon Gubernur JWW

0
451
“Saya berharap perusahaan bisa segera memberikan mereka rumah, sehingga kehidupan 31 keluarga ini dapat teratur dengan baik,” kata Jonh Wempi Wetipo,usai berdialog dengan warga di pengungsian GOR PT Korindo di Asiki, Kamis (15/3/2018). Tampak Calon Gubernur Papua, John Wempi Wetipo, saat foto bersama masyarakat. (ISTIMEWA)
“Saya berharap perusahaan bisa segera memberikan mereka rumah, sehingga kehidupan 31 keluarga ini dapat teratur dengan baik,” kata Jonh Wempi Wetipo,usai berdialog dengan warga di pengungsian GOR PT Korindo di Asiki, Kamis (15/3/2018). Tampak Calon Gubernur Papua, John Wempi Wetipo, saat foto bersama masyarakat. (ISTIMEWA)

BOVEN DIGOEL (LINTAS PAPUA)  –   Para korban kebakaran di Asiki Kabupaten Boven Digoel  menyampaikan isi hati mereka atau curhat kepada Calon Gubernur Papua Nomor Urut 2  John Wempi Wetipo saat berkunjung di daerah itu, terkait dengan kondisi yang mereka alami pasca bencana kebakaran yang dialami, Kamis (15/3/2018)

Sejak kebakaran  bulan Februari lalu,  warga yang berjumlah 124 jiwa atau 31 Kepala Keluarga (KK) itu sudah ditempatkan dipenampungan sementara di GOR  PT. Korindo yang berada di Asiki menunggu rumah yang akan mereka tempati sedang dilakukan perbaikan.

Masnur, salah satu dari korban kebakaran mengungkapkan pihaknya selama 3 minggu berada dalam penampungan sudah merasa bosan,  mereka ini cepat-cepat untuk kembali ke rumah masing-masing.

“ Memang kami selama disini (penampungan-Red) diberikan makan, tetapi hati kami tidak bisa tenang karena anak-anak tidak bisa diurus dengan baik. Kami inginkan agar kami segera bisa menempati rumah kami,” ujar Masnur saat ditemui disela-sela kunjungan calon Gubernur Papua, JWW di lokasi pengungsian di Asiki, kabupaten Boven Digoel,  Rabu (15/3).

Sementara itu,  Koordinator Pengungsi Sementara Korban Kebakaran, Saura Kambani  mengatakan,  kasus kebakaran yang dialami karyawan PT. Korindo itu disebabkan petir. Saat hujan turun petir menyambar salah satu rumah menyebabkan terjadinya kebakaran, kemudian merambat hingga menghaguskan 3 barak atau 31 KK.

“ Dalam kasus kebakaran itu ada tiga barak karyawan yang didiami 124 jiwa atau 31 KK  jadi korban. Untuk sementara mereka ditampung di Gedung Olah Raga ini,” kata Saura.

Dia mengakui selama dalam penampungan ada keluhan masalah kesehatan, dimana mengalami masuk agin dan flu. Kalau kebutuhan makan tidak ada masalah karena perusahaan memberikan kebutuhan makanan.

Demikian juga masalah sekolah anak-anak. Memang  saat terjadi kebakaran semua pakai-pakai mereka habis terbakar.  Namun pihak perusahaan Korindo sudah memberikan mereka pakaian dan sebagaian dari sumbangan masyarakat lain.

“ Anak-anak sudah sekolah, karena pakai  para korban ikut terbakar, sehingga perusahaan sudah memberikan anak-anak itu seragam,” ujarnya.

Saura lebih jauh mengatakan,  saat ini rumah-rumah yang terbakar sudah dalam perbaikan. Rencana minggu ini sudah bisa 15 KK dikembalikan ke barak, sedangkan yang lain masih menunggu selesai pekerjaan pembaikan barak (rumah) mereka.

Laura menyambut baik adanya kunjungan Calon Gubernur Papua John Wempi Wetipo (JWW) kepada para korban kebakaran itu. “ Terimakasih atas kunjungan bapak JWW ini. Kami sangat bersukacita atas kunjungan ini.  Tentunya dengan kedatangan pak JWW bisa menjadi motivasi kepada warga yang berada di perusahaan Korindo ini,” tambahnya.

Menanggapi adanya keluhan dari pada korban kebakaran di Korindo itu, John Wempi Wetipo mengatakan,  pihaknya sangat prihatin dengan kondisi warga yang sedang ada dipenampungan ini. Memang mereka tidak kekurangan makan, karena perusahaan menyediakan makanan, tetapi mereka kalau berlama-lama tinggal di penampungan tentu tidak nyaman.

“Saya berharap perusahaan bisa segera memberikan mereka rumah, sehingga kehidupan 31 keluarga ini dapat  teratur dengan baik,” kata Jonh Wempi Wetipo usai berdialog dengan warga di pengungsian GOR PT Korindo di Asiki, Kamis (15/3/2018).

Bahkan untuk menghindari terjadinya bencana kebakaran seperti yang dialami karyawan PT. Korindo itu,  JWW berharap kedepan Perusahaan bisa melakukan penataan lingkungan yang lebih baik.

“ Perusahaan Korindo inikan mempekerjakan 25.000 orang  pekerja.  Dengan jumlah karyawan seperti itu sudah perlu dilakukan penataan lingkungan tempat tinggal mereka.  Kita berharap Asiki ini dijadikan sebuah kota kecil, seperti yang dilakukan Freeport di Kuala Kencana,” katanya.

“ Yang kita mau investor memperhatikan pekerjanya. Jangan hanya membawa hasil tetapi tidak memberikan kontribusi kepada masyarakat.   Untuk  membangun kota kecil itu saya berharap perusahaan Korindo mau bersinergi dengan pemerintah .  Apa yang mereka bangun dan apa yang bisa dibantu pemerintah,” tambahnya.

Bahkan JWW mengatakan, bahwa dirinya mempunyai konsep untuk membangun lingkungan pemukiman bagi perusahaan yang ada di Papua.  “ Kalau Tuhan mengijinkan kami untuk menjadi gubernur Papua, ada konsep untuk pembangunan desa yang kami miliki, dan akan sangat baik kalau para investor bisa bekerja sama dengan pemerintah untuk melaksanakannya yang dimulai dari lingkungan masing-masing perusahaan,” tambahnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here