Wabup Giri Wijayantoro Akui Pembangunan Perumahan Dukung Perekonomian Daerah

0
63
Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, dalam sebuah kegiatan. (Irfan/HPP)
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Perumahan Graha Nendali Oleh Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

SENTANI (LINTAS PAPUA )- Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro mengatakan, pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman yang dilakukan sejumlah pengembang itu merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian daerah. Pasalnya, sektor tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

“Pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman berperan penting dalam sistem perekonomian terkait dengan multiplier effect, baik terhadap penciptaan lapangan pekerjaan maupun pendapatan daerah yang ditimbulkan oleh setiap investasi yang dilakukan disektor pengembangan perumahan,” kata Giri Wijayantoro, saat ditanya wartawan usai melakukan peletakan pembangunan perumahan Graha Nendali City, belum lama ini.

Giri menjelaskan, pemerintah daerah terus berupaya mengajak seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan dan kawasan pemukiman untuk menciptakan iklim yang kondusif di sektor pembangunan perumahan dan juga mendukung setiap pihak yang akan mengembangkan perumahan di daerah ini. Namun hendaknya lebih utama memperhatikan unsur-unsur dalam setiap pembangunannya, bila dibandingkan dengan mengejar keuntungan.

“Sebab, untuk menciptakan rumah yang layak huni dan harga terjangkau serta lingkungan yang sehat, aman dan harmonis tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah sendiri. Tapi, juga memerlukan peran aktif para mitra kerja dan masyarakat umum dlama hal ini pihak pengembang,” jelasnya.

Selain itu, kami minta kepada perusahaan yang akan membangun perumahan di daerah ini hendaknya melibatkan masyarakat sekitar, terutama pemilik hak ulayat untuk bersama membangun perumahan dan kawasan pemukiman. Sehingga dari aspek mensejahterakan warga dapat terlihat melalui pembangunan tersebut,” pinta Giri menambahkan.

Kabupaten Jayapura, imbuhnya, merupakan salah satu wilayah kabupaten yang mengalami perkembangan sangat signifikan karena sejumlah fasilitas publik berada di daerah ini, yang kesemuanya itu memicu terjadinya pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman di daerah ini.

Menurutnya, pembangunan perumahan memerlukan dukungan para pelaku, pemerhati, masyarakat adat, akademisi dan sektor dunia usaha untuk mengimplementasikan berbagai kebijakan dan juga program yang telah ditetapkan.

“Karena keberadaan fasilitas publik itulah yang menjadi pemicu banyaknya warga luar yang datang melirik Kabupaten Jayapura. Untuk itu, pembangunan perumahan hendaknya memberikan kesempatan kepada masyarakat lokal setempat untuk memiliki, tentunya berdasarkan pada ketentuan-ketentuan yang dibuat pihak pengembang sektor perumahan dan kawasan pemukiman,” tandasnya. (Irfan  / Koran Harian Pagi Papua)