Peduli Pedagang Papua, JOSUA Blusukan di Pasar Womanggu dan Asiki

0
18
Calon Gubernur nomor urut 2. John Wempi Wetipo, SH.MH saat blusukan ke pasar Pasar Womanggu di Jalan Gor Merauke. Rabu (14/3/2018) sekitar pukul 06.00 WIT. (ISTIMEWA)
Calon wakil gubernur nomor urut 2 Dr. Habel Melkias Suwae, S.sos.MM ketikan melakukan blusukan ke pasar pasar Asiki di Distrik Asiki Kabupaten Bovendigoel. Rabu (14/03/2019) pukul 09.00 WIT. (ISTIMEWA)

MERAUKE (LINTAS PAPUA) –  Calon Gubernur Papua Rabu (14/3/2018) sekitar pukul 06.00 WIT, John Wempi Wetipo (JWW) melalukan belusukan di Pasar Womanggu di Jalan Gor Merauke, Kabupaten Merauke,
Kehadiran calin Gubernur nomor urut 2 yang didampingi beberapa pengurus Tim Papua Cerdas san Relawan JOSAU di Pasar Womanggu langsung di sambut para pedagang dan pengunjung di pasar tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, JWW melakukan diskusi dan mendengarkan aspirasi masyarakat, yang menurut para pedangan JWW orang yang santai, suka bercanda gurau tetapi juga menyerap aspirasi para pedagang.

“Kami senang Senang dan kagum akan sosok JWW, tak disangka bliau itu masih muda dan suka bercanda. bertanya keluh kesah yang kami hadapi. Usai bertanya, saya di candai oleh beliau,” ungkap Muhamad Ali, salah satu pedagang ikan di Pasar Womanggu.

John Wempi Wetipo kepada media disela-sela kunjungannya menyampaikan kalau Tuhan berkenan semua proses ini berjalan, akan menyiapkan pasar yang lebih baik khususnya pasar mama-mama Papua.

“Menyiapkan pasar itu tidak terlalu sulit. Itu saya katakan, lantaran sudah waktunya mama-mama Papua ini duduk sama rendah berdiri sama tinggi dengan saudara yang lain. Dengan kata lain mama Papua harus diberi tempat yang jauh lebih layak untuk berdagang,” tegasnya.

Calon wakil gubernur nomor urut 2 Dr. Habel Melkias Suwae, S.sos.MM ketikan melakukan blusukan ke pasar pasar Asiki di Distrik Asiki Kabupaten Bovendigoel. Rabu (14/03/2019). (ISTIMEWA)

Wempi Wetipo juga berkeinginan membangun kios dam memberikan modal usaha. Di Wamena, sudah saya lakukan hal itu. Apalagi banyak keluhan pagi ini yang saya terima. Namun, untuk saat ini kita tidak bisa berbuat apa-apa karena kita baru jalan kampanye,” katanya.

Wempi Wetipo memambahkan bahwa masyarakat mengeluhkan tentang pendidikan anak-anak mereka yang terputus karena hanya berharap dari hasil dagangan di pasar yang tak seberapa, sehingga kedepan jika terpilih ia berencana akan gratiskan biaya pendidikan khususjya di jenjang perkuliahan mulai dari semester 1.

Calon Gubernur nomor urut 2. John Wempi Wetipo, SH.MH saat blusukan ke pasar Pasar Womanggu di Jalan Gor Merauke. Rabu (14/3/2018) sekitar pukul 06.00 WIT.

“Kita gratiskan untuk 42 perguruan tinggi di Provinsi Papua, nah itu kebijakan saya dan pak Habel sesuai take line kita ‘Papua Cerdas’ bisa kita wujudkan. Tapi dilain sisi kita ingin mengangkat derajat mama-mama di pasar khususnya mama asli Papua,” ujarnya.

 

Sementara itu blusukan yang sama juga dilakukan oleh calon Wakil Gubernur Papua Habel Melkias Suwae menyempatkan blusukan ke pasar Asiki di Distrik Asiki Kabupaten Bovendigoel. Aksi blusukan Habel ini dilakukan untuk melihat langsung kondisi pasar yang menjadi sentra perekonomian diwilayah ini.
“Pasar merupakan nadi perputaran ekonomi suatu wilayah. Dengan pasar semua transaksi ekonomi ada disini,”kata Habel, Rabu (14/3/2018).

 

Calon Gubernur nomor urut 2. John Wempi Wetipo, SH.MH saat blusukan ke pasar Pasar Womanggu di Jalan Gor Merauke. Rabu (14/3/2018) sekitar pukul 06.00 WIT. (ISTIMEWA)

Atas dasar itu kata Habel, yang menjadi perhatian adalah adanya infrastruktur penunjang, seperti terminal dan lainnya bisa dibangun untuk lebih memeberikan rasa nyaman dan aman bagi pedagang maupun masyarakat.
“Saya lihat terminal belum memadai. Ini kalau terminal ada dan layak saya fikir akan lebih membuat masyarakat nyaman,”ucap Habel yang juga menerima aspirasi itu dari kepala Pasar bapak Latumahina.

Rangkaian kegiatan Habel Melkias Suwae hari ini dijadwalkan akan berkunjung ke Kabupaten Bovendigoel untuk melakukan kampanye terbatas diwilayah itu. Selain itu di dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan DPC Periode diwilayah itu. (tim Josua)