Dinas Pemukiman Kab. Keerom Siap Laksanakan Program ‘Tiga Rumah Setahun’

0
14
Kadinas Pemukiman Kab Keerom, Drs. Edi Buntang. (Arif/HPP)
Kadinas Pemukiman Kab Keerom, Drs. Edi Buntang. (Arif/HPP)

KEEROM (LINTAS  PAPUA)Kepala Dinas  Pemukiman Kab Keerom, Drs. Edi Buntang, mengemukakan kesiapan pihaknya untuk melaksanakan program minimal 3 rumah setahun di setiap kampung di wilayah III. Karena menurutnya program rumah sehat bagi masyarakat selama ini tetap dijalankan seperti yang dilakukan pihaknya melalui program yang bersumber dari dana DAK.

‘’Kalau soal siap, kita pasti siap. Termasuk yang kemarin akan mendapatkan bantuan pembangunan rumah di Jifanggri Dua, itu juga sudah masuk dalam program dinas pemukiman,’’ungkapnya kepada HPP di kompleks kantor Bupati Keerom, kemarin.

Dikemukakan bahwa memang sesuai visi Bupati Keerom bahwa diharapkan setiap tahun di kampung-kampung OAP terutama yang berada di Wilayah Pembangunan III, dari Arso Timur, Waris dan seterusnya diharapkan program pembangunan kampung baik yang melalui dana APBN atau APBD, agar mendapat perhatian berupa pembangunan rumah sehat bagi masyarakat minimal 3 dalam setahun.

‘’Kita memang siap dan programkan hal tersebut, namun sampai saat ini kita belum terima DPA, sehingga kita belum tahu untuk tahun ini berapa rumah yang akan kita bangun,’’lanjutnya.

Namun ia mengemukakan bahwa berdasarkan pengalaman sebelumnya bahwa untuk program perumahan sistem swa kelola yang dilakukan pada tahun sebelumnya, pihaknya mengaku ada beberapa kesulitan yang masih perlu pemecahan lebih lanjut.

‘’ada beberapa kampung yang diberi bantuan berupa pembangunan rumah bagi warga, ada beberapa kampung yang mengembaklikannya ke pemerintah. Kesulitan di kampung asli adalah biaya tukang, karena untuk kegiatan ini kendalanya karena tak ada biaya tukang,’’ujarnya lagi.

Karena itu, menurutnya salah satu pemecahan yang diambil di PIR I, adalah untuk biaya tukang diambil dari DAK, namun menurutnya itu adalah kebijakan dari kampung masing-masing.(Arif / Koran Harian Pagi Papua)