Danau Sentani Akan Digunakan Sebagai Sumber Air Bersih

0
795
Ilustrasi Hutan Sagu Disekitaran Danau Sentani di Kampung Ayapo (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)
Ilustrasi Hutan Sagu Disekitaran Danau Sentani di Kampung Ayapo (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

Untuk Layani Kebutuhan Air Bersih Bagi Masyarakat

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Direktur Utama (Dirut) PDAM Jayapura, Abdul M. Petenongan, S.E., menyebutkan Danau Sentani yang dapat dimanfaatkan untuk pasokan air bersih untuk masyarakat di Jayapura dan sekitarnya.

“Ke depan Danau Sentani ini, PDAM akan gunakan sebagai sumber air untuk melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Kabupaten/Kota Jayapura,” kata Abdul M. Petenongan pada acara penutupan Seminar Nasional tentang Air Danau dalam rangka menyongsong Peringatan Hari Air Sedunia (HAS) 2018, di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (12/3/2018) sore.

Celakanya, ada lima (5) intake dari 27 intake yang dikelola oleh PDAM Jayapura itu sudah tidak berfungsi lagi. “Jadi, tinggal 22 intake saja yang masih berfungsi. Nah, ini kedepan kita melihat bahwa sumber air dari Cycloop ini memang sudah tidak bisa lagi kita fungsikan, sehingga kita harus beralih ke Danau Sentani,” paparnya.

Ia menjelaskan, jika Danau Sentani ingin digunakan sebagai sumber air bersih (minum). “Ini harus betul-betul kita lestarikan dan dijaga baik kuantitas maupun kualitas dari Danau Sentani. Sehingga melalui kegiatan seminar yang telah kita lakukan ini mudah-mudahan kita bisa mendapatkan solusinya bagaimana ini menjadi satu pembelajaran juga untuk masyarakat, agar mereka bisa bersama-sama menjaga danau ini tetap lestari,” jelasnya.

Kampung Ayapo sebagian keindahan alam Papua di Danau Sentani.  (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

Supaya kedepan bisa digunakan bukan saja sebagai sumber air minum. “Tetapi, juga sebagai sumber mata pencaharian atau sebagai sumber-sumber lainnya seperti pariwisata, dan bagaimana kita tetap menjaga keasrian danau ini agar bisa kita nikmati bersama-sama,” ujarnya.

“Kita bukan melihat potensi dari Danau Sentani lagi. Tapi, memang sudah kita rencanakan dan juga sudah kita usulkan ke pusat untuk danau ini digunakan sebagai sumber air bersih. Saat ini memang sudah dilakukan perencanaan melalui bantuan daripada pemerintah pusat untuk kita membangun sumber air bersih dari Danau Sentani,” tukasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here