DP2KB Kabupaten Jayapura dan BKKBN Gelar Orientasi bagi Pengelola GenRe

0
6
sosialisasi advokasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), di Gedung Serba Guna (GSG) Wanita Thabita, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (8/3/2018). (Irfan / HPP)
sosialisasi advokasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), di Gedung Serba Guna (GSG) Wanita Thabita, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (8/3/2018). (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Kepala Perwakilan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Papua, Charles Brabar secara resmi membuka kegiatan Orientasi Peningkatan Keterampilan Hidup bagi Pengelola Genereasi Berencana (Genre) di Kabupaten Jayapura.

Kegiatan orientasi peningkatan keterampilan pengelola Genre tersebut, merupakan kerjasama antara Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Jayapura dengan Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, yang juga dihadiri Kepala DP2KB Kabupaten Jayapura Arry Ronny D. Deda, S.IP, M.T, berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Wanita-Thabita, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (8/3/2018) pagi.

“Saat ini banyak permasalahan yang dihadapi para remaja, makanya BKKBN melakukan pencegahan atau preventif agar remaja tidak terjebak dalam hal-hal negatif seperti penyalahgunaan Narkoba dan juga pergaulan bebas,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Charles Brabar, ketika menjawab pertanyaan wartawan harian ini usai membuka kegiatan orientasi peningkatan keterampilan pengelola Genre tersebut.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Papua, Sarles Brabar., saat menyampaikan sambutannya. (Lala / Koran Harian Pagi Papua)

“Kami dari BKKBN sudah miliki kelompok generasi berencana atau Genre, juga memiliki beberapa program-program yang berkolaborasi dengan teman-teman OPD KB di seluruh kabupaten di Provinsi Papua, termasuk DP2KB Kabupaten Jayapura. Yang terpenting disini adalah kami harus mensosialisasikan atau banyak memberikan edukasi kepada generasi muda kita saat ini,” sambung Charles Brabar.

Lebih lanjut Charles, BKKBN memiliki beberapa program khusus menangani remaja, yakni program Generasi Berencana (Genre) yang di dalamnya ada Pusat Informasi Konseling (PIK) remaja. Biasanya, PIK di bentuk di sekolah-sekolah, perguruan tinggi, kelompok masyarakat dan juga di kelurahan.

“Remaja yang tergabung dalam PIK bisa melakukan konsultasi dengan teman sebayanya tentang permasalahan yang sedang dihadapinya. Karena biasanya dengan teman sebaya akan lebih terbuka ketimbang dengan orangtuanya sendiri,” kata Charles.

Charles menambahkan, dengan dibekali pengetahuan bagaimana menjalani kehidupan remaja yang baik dan tidak terjerumus pada pergaulan bebas (seks pra nikah), penyalahgunaan obat-obat terlarang, mengkonsumsi Narkoba, penularan penyakit menular seks (PMS) serta tertular HIV – AIDS.

Sementara itu, Kepala DP2KB Kabupaten Jayapura, Arry Ronny D. Deda, S.IP, M.T., menyambut baik kegiatan orientasi yang digelar ini, karena melihat kondisi remaja saat ini banyak permasalahan yang dihadapi.

“Kami sambut baik dan juga berikan apresiasi terhadap kegiatan yang merupakan kerjasama antara DP2KB dengan Perwakilan BKKBN Papua. Apalagi saat ini persoalan penyalahgunaan Narkoba, seks bebas dan penularan penyakit menular seksual (PMS) serta penularan HIV/AIDS ini cukup memprihatinkan, untuk itu perlu dilakukan pencegahan dengan membentengi para remaja,” katanya.

“Oleh karena itu, perlu disikapi bersama dengan instansi terkait lainnya. Dengan melakukan koordinasi merumuskan program agar para remaja tidak salah jalan karena remaja adalah generasi penerus bangsa, yang harus memiliki SDM berkualitas. Karena ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kehidupan remaja hancur di antaranya faktor pergaulan, lingkungan dan juga ekonomi,” tukasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)