Jamaludin Jafar : Nilai-nilai Kebangsaan Harus Terus Ditanamkan

0
351
Jamaludin Jafar, SH, MH., saat mensosialisasikan empat pilar kebangsaan. (ISTIMEWA)
Jamaludin Jafar, SH, MH., saat mensosialisasikan empat pilar kebangsaan. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Nilai-nilai kebangsaan harus terus ditanamkan, terutama kepada generasi muda, hal ini perlu dilakukan  agar generasi muda tidak mudah terpengaruh dengan budaya yang masuk dari luar, hal tersebut disampaikan anggota DPR / MPR RI dari Partai PAN Dapil Papua,  H. Jamaludin Jafar SH, MH.

 

Dikatakannya, empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika, jangan hanya hafal diluar kepala saja, tetapi harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

“Empat pilar kebangsaan penting dipahami dan ditanamkan oleh  seluruh generasi bangsa Indonesia. Karena, banyak kepentingan bangsa lain terhadap Indonesia yang bisa melunturkan nilai-nilai  kebangsaan,” katanya, baru-baru ini di Jayapura.

Dengan disosialisasikannya empat pilar kebangsaan ini, lanjutnya, diharapkan bisa menumbuh kembangkan rasa cinta terhadap tanah air, juga termotivasi untuk terus berkarya. Tampak suasana sosialisasi sementara berlangsung. (ISTIMEWA)

Ia mencontohkan. masuknya iklan-iklan dari luar yang mengajak bangsa Indonesia menjadi bangsa yang konsumtif bukan produktif.

 

“Padahal kekayaan alam Indonesia cukup banyak dan beragam, seharusnya bangsa kita menjadi bangsa yang produktif dengan mengelola sumber daya

alamnya sendiri,” ungkapnya.

 

Dengan disosialisasikannya empat pilar kebangsaan ini, lanjutnya, diharapkan bisa menumbuh kembangkan rasa cinta terhadap tanah air, juga termotivasi untuk terus berkarya.

 

“Jika empat pilar kebangsaan ini tidak terus disosialisasikan

dikhawatirnya nilai-nilai kebangsaan generasi muda luntur karena pengaruh dari luar,” jelasnya.

 

Dalam kesempatan tersebut pun ia  memaparkan sejarah proses lahirnya Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. (**)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here