Fokus Kampanye dan Temui Masyarakat, Lukas Enembe Tak Ikut Rapimnas Partai Demokrat

0
9
Gubernu Papua, Lukas Enembe, saat menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Nabire beberapa waktu lalu. (Foto Dias Mustikawati Sawaki)
Kaka Lukas Enembe, kembali dipercayakan memimpin Partai Demokrat Papua. (Foto Dian Mustikawati Sawaki)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Jadwal kampanye yang telah dikeluarkan pihak penyelenggara KPU Papua tentu mengharus para calon gubernur untuk mengikutinya, sehingga hal ini berdampak Calon Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH., selaku Ketua Umum DPD Partai Demokrat Papua tidak dapat menghadiri Rapimnas.

 

Hal ini dibenarkan Sekretaris Umum DPD Partai Demokrat Papua, Carolus Bolly, sekaligus menjelaskan, bahwa ketidakhadiran Lukas Enembe dalam Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat , karena sedang menjalankan Kampanye Pilgub Papua sebagai Calon Gubernur.

Anggota DPR Papua ini mengakui, bahwa walaupun Ketua DPD PD Papua tidak hadir, namun semua anggota hingga pada tingkat DPC PD Kab/Kota se-Papua sampai jam 00.00 malam ini, telah hadir sekitar 15 DPC PD Kab/Kota sekitar 100 DPAC PD Distrik se-Papua.

 

“Tidak  ada agenda khusus yang dibawa oleh DPD PD Papua maupun DPC PD Kab/Kota untuk disampaikan dalam Rapimnas PD, namun  kami semua yang hadir dari Papua akan mengikuti berbagai agenda Rapimnas PD yang sudah disiapkan oleh DPP PD,” ungkapnya.

Ketua DPD PD Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH., dan Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Papua, Carolus Bolly. (ISTIMEWA)

Ketika ditanyakan, jika ada pertanyaan agenda DPD PD Papua, Carolus Bolly menjawab, bahwa  kalaupun nanti diminta laporan dari DPD PD Papua, maka akan disampaikan terkait kesiapan Papua menghadapi Pilkada di 7 Kabupaten  se Papua  dan Pemilihan Umum Gubernur Papua 2018.

“Tentunya kita akan melaporkan kondisi dan tahapan dari semua kesiapan Pemilukada tersebut, kalau nantinya diminta laporan,” harapnya.

 

 

Lukas Enembe Kunjungi Biak, selanjutnya ke wilayah Meepago meliputi Nabire, Paniai dan Mimika.

Sementara itu, Calon Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH disambut hangat Mama-Mama Pedagang di Pasar Ikan Biak Kota dan Pasar Central Faidoma Darfuar Biak saat melakukan kampanye tatap muka di Biak Numfor, Kamis (08/03/2018).

Sejak kedatangannya dengan pesawat pagi di Bandara Frans Kaisepo bersama rombongan, sambutan meriah sungguh tak diduga. Pasalnya, ratusan kader dan simpatisan dari Partai Koalisi Papua Bangkit II (KPB II) tingkat Kabupaten Biak Numfor ditambah lagi masyarakat umum sudah memadati VIP Bandara Frans Kaisepo menyambut Lukas.

Calon gubernur nomor urut 1 yang berpasangan dengan Klemen Tinal, SE.MM ini hadir di Biak didampingi Ketua Tim KPB II, Mathius Awoitauw, Ketua Tim Kampanye KPB II, Yunus Wonda, termasuk Calon Bupati Biak Numfor, Nichodemus Ronsumbre.

Lukas Enembe menyapa Mama-Mama Pedagang Papua di Pasar Ikan Biak Kota.

Dari Bandara mereka langsung menuju Pasar Ikan Biak Kota. Di sana, Lukas langsung disambut oleh ratusan pedagang sayur dan ikan sambil bersalaman. Rasa kegembiraan para pedagang tampak terlihat di wajahnya karena memang mereka senang dan bangga ada Gubernur Papua yang datang melihat mereka secara langsung. DaN satu persatu pedagang menyampaikan keluh kesahnya. Bahkan, dalam kesempatan itu, Lukas mendengarkan mereka sambal memotong seekor ikan yang dijual pedagang.

“Jadi keinginan pedagang di sini khususnya masyarakat nelayan ingin menetap berjualan di lokasi itu. Mereka tidak ingin pindah meskipun lokasi itu bukan milik mereka. Untuk lokasi memang sudah sangat bagus karena pelabuhan untuk nelayan membawa ikan ke darat sudah dibangun. Namun sekarang yang terpenting adalah bagaimana proses pemasarannya untuk bisa dikirim ke luar Papua. Sumber daya ikan sangat bagus disini sehingga tidak saja didistribusikan di Biak tapi keluar dari Biak” ungkap Enembe di sela-sela meninjau Pasar Ikan.

Lukas mendengar aspirasi pedagang Biak.

Usai blusukan di Pasar Ikan Biak Kota, selanjutnya Lukas Enembe mengunjungi Pasar Central Faidoma Darfuar. Di sana, Lukas juga disambut antusias oleh ratusan pedagang. Beberapa Mama-Mama Papua menyampaikan secara langsung aspirasi mereka tentang los pasar yang belum dimiliki mereka. Lukas juga berdialog dan melihat hasil-hasil bumi yang dijual mereka.

“Dari gubernur ke gubernur, dari bupati ke bupati, kami tidak pernah dilihat di sini. Terimakasih kepada Tuhan karena hari ini Bapak Gubernur Lukas Enembe bisa hadir di sini untuk melihat kami dengan kondisi seperti ini,” kata seorang Mama Papua yang berjualan di pasar itu.

Calon Gubernur Lukas Enembe turun mendengarkan keluh kesah rakyat di denyut jantung ekonomi mereka.

Pada kesempatan itu, Lukas Enembe mengatakan, pihaknya menginginkan supaya seluruh Mama-Mama Papua yang berjualan di pasar bersatu dan menjaga kebersamaan. Ia menyampaikan bahwa di era kepemimpinannya bersama Klemen Tinal, mereka telah melakukan sejumlah kebijkan yang membantu kabupaten, termasuk Biak Numfor. Di antaranya, banyak membiayai anak-anak asal Biak Numfor untuk belajar di luar negeri serta memberikan dana Otonomi Khusus sebesar 80 persen ke seluruh kabupaten/kota.

“Saya berharap keluhan dari mama-mama Papua ini menjadi perhatian bagi Bupati Biak Numfor yang maju pilkada tahun ini,” ujar Lukas.

Sesuai rencana, Jumat (09/03/2018), Lukas Enembe akan melakukan kampanye ke Kabupaten Supiori dan selanjutnya ke wilayah Meepago meliputi Nabire, Paniai dan Mimika. (*)