Anggota MPR RI Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di STIH Biak

0
2
H. Jamaluddin Jafar SH, MH saat menyerahkan bantuan untuk STIH Biak. (ISTIMEWA)
H. Jamaluddin Jafar SH, MH saat menyerahkan bantuan untuk STIH Biak. (ISTIMEWA)

BIAK (LINTAS PAPUA) – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)/Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dapil Papua H. Jamaluddin Jafar SH, MH baru-baru ini di STIH Biak mensosialisasikan 4 konsensus kebangsaan dihadapan para mahasiswa dan dosen.

Menurutnya, sosialisasi 4 pilar kebangsaan merupakan program MPR RI yang diagendakan sebanyak 6 kali di daerah pemilihan masing-masing anggota MPR RI, tujuannya untuk memasyarakatkan kembali 4 Pilar Kebangsaan yang sudah mulai terlupakan.

” Pesan moral yang tersimpan dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika di dalam lambang negara Pancasila Indonesia mulai terkikis, oleh karena itu anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)/Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI,” katanya.

Sebagai warga negara dalam berkehidupan bernegara, lanjutnya, wajib taat dan mengerti kepada dasar-dasar negara, yaitu 4 pilar kebangsaan karena 4 pilar bangsa sebagai nation character building yang terus dibangkitkan, perlunya penyadaran berdasarkan pelaksanaan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“MPR RI sebagai lembaga legislatif negara terus berusaha menghidupkan kembali nilai-nilai perjuangan dan rasa nasionalisme sesuai semangat proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945, yaitu dengan terus mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan,” ungkapnya.

Diakuinya, tujuan pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk menggali nilai-nilai yang terkandung dalam 4 Pilar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara agar dapat dipahami secara utuh, menyeluruh dan berkelanjutan.

“Dan untuk mengetahui lebih jauh apa itu 4 pilar kebangsaan, saya membawa dosen saya DR. Najamuddin Gani SH, MSI beliau yang menjelaskan lahirnya Pancasila, UUD 45 juga Bhineka Tunggal Ika,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut pun H. Jamaluddin Jafar SH,MH menyerahkan bantuan berupa komputer dan buku-buku yang diterima langsung Rektor STIH Biak, Kasim Abdul Hamid. (nn)