Selama Tahapan Pilgub Papua, Kapolres Victor Mackbon Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

0
317
Dua kandidat Gubernur Papua, Lukas Enembe – Klemen Tinal mendapatkan nomor 1 dan John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae mendapatkan nomor 2 dalam pencabutan nomor urut di halaman KPU Papua, Rabu (21/2/2018). Bersepakat Laksanakan Kampanye Damai. (Rambat / Koran Harian Pagi Papua)
Kepolisian yang mengawal kampanye Lukmen dari Polres Jayapura. (Irfan /HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Selama pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga kambtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) di lingkungannya masing-masing.

 

”Dengan demikian, selama pelaksanaan pilkada berlangsung, situasi kondusif di tengah  warga, akan senantiasi terjaga,” kata Victor, Rabu (7/3/2018).

 

Menurut Victor, pihaknya juga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama tahapan pilkada, seperti money politik, pengrusakan dan pengancaman. Upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan kegiatan yang bersifat rutin maupun khusus.

Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, S.H., S.IK., MH., M.Si . (Irfan/HPP)

“Kalau kegiatan rutin itu seperti sambang Bimas, kegiatan intelijen juga kami mengoptimalkan penegakan hukum terpadu (gakumdu)  bekerja sama dengan  Panwaslu,” ujarnya.

 

Untuk kegiatan bersifat khusus, lanjutnya,  pihaknya melaksanakan operasi khusus seperti cipta kondisi yang dilakukan saat ini yaitu Operasi Keselamatan Matoa 2018.

 

“Kita memang kedepankan lalu lintas karena tidak menutup kemungkinan ini akan membawa dampak terkait ancaman-ancaman Pilkada. Nanti juga akan ada Operasi Mantap Praja kita lakukan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang mengarah kepada gangguan pelaksanaan Pilkada,” terangnya polisi sendiri sudah memprediksi setiap ancaman selama tahapan pilkada.

 

“Kita juga meminta bantuan TNI dan Pemkab setempat, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk mendukung kami,” imbuhnya.  (Lea / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here