Lima Kepala Distrik Sekota Jayapura menandatangani Komitmen bersama Pemkot di depan Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM.. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Bertepatan dengan HUT ke-108 Kota Jayapura, Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura mencanangkan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), bertempat di lapangan Lantamal X Jayapura, Rabu (7/3/2018).

 

Dalam kesempatan itu, kelima distrik se-Kota Jayapura berkomitmen untuk menerapkan program GISA dimasing-masing wilayah kerjanya, yang ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama antar Distrik dan Pemkot Jayapura.

 

Dengan penandatanganan itu, Kepala Dispendukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli mengatakan bahwa kedua belah pihak dengan ini menyatakan sepakat untuk mensukseskan program Gisa sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 470/837/SJ tanggal 7 Februari 2018 tentang GISA.

 

“Program GISA di 5 distrik Sekota Jayapura yang wajib dilaksanakan adalah 4 program pokok GISA yaitu program sadar kepemilikan dokumen kependudukan, program sadar pemutakhiran data penduduk, program sadar pemanfaatan data kependudukan sebagai satu-satu nya data yang dipergunakan untuk semua kepentingan, dan program kadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat yang bahagia,” jelas Merlan.

 

Selain itu lanjutnya, dalam pelaksanaan GISA, agar melaporkan hasil pelaksanaan nya secara berjenjang dari Kelurahan, distrik, dinas dan ke walikota Jayapura 3 bulan sekali dalam setahun atau sewaktu-waktu apabila diperlukan. (Elsye Sanyi  / Koran Harian Pagi Papua)