DPMK Lanny Jaya Gelar Pelatihan Sistim Keuangan Desa

0
726
Kegiatan Implementasi Pelaksanaan Aplikasi Sistim Keuangan Desa (Siskeudes) Pada DPMK Kabupaten Lanny Jaya Tahun Anggaran 2018 (Ema)
Kegiatan Implementasi Pelaksanaan Aplikasi Sistim Keuangan Desa (Siskeudes) Pada DPMK Kabupaten Lanny Jaya Tahun Anggaran 2018 (Ema)

WAMENA (LINTAS  PAPUA) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Lanny Jaya, Selasa (6/3/2018) menggelar pelatihan Implementasi Pelaksanaan Aplikasi Sistim Keuangan Desa (Siskeudes) pada DPMK Kabupaten Lanny Jaya Tahun Anggaran 2018.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Maharani Kabupaten Jayawijaya, yang resminya oleh Sekda Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait.

Sekda Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait usai membuka kegiatan menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan kali ini merupakan amanat KPK, sehingga Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya harus melaksanakannya.

Dijelaskan, Aplikasi Sistim Keuangan Desa (Siskeudes) merupakan aplikasi yang secara nasional telah digunakan untuk melakukan penginputan data penggunaan dana desa di tingkat kampung.

“Dari evaluasi secara nasional, memang aplikasi Siskeudes yang dilakukan oleh BPKP yang digunakan oleh seluruh Indonesia,” ungkap Sekda Lanny Jaya.

Menurutnya, adanya capaian yang sangat rendah, oleh karena itu KPK dalam rencana aksinya telah mendorong untuk melakukan kerja sama dan pelatihan, dan pelatihan yang dilakukan kali ini merupakan tahap pertama.

“Ini tahap pertama, dan hal-hal seperti ini memang tidak boleh Pilot Project, namun harus dilakukan secara massal, tetapi karena baru mau mulai kita akan mencoba, dan kedepannya semua kampung ikut pelatihan,” kata Sekda Lanny Jaya.

Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Papua Sueb Cahyadi menjelaskan, penggunaan aplikasi Siskeudes sangatlah penting, diketahui oleh setiap aparatur kampung dan khususnya kepala kampung, agar dalam pembuatan anggaran pendapatan belanja kampung dapat dipertanggungjawaban kepada masyarakat.

Jelas Sueb, aplikasi Siskeudes telah digunakan di Provinsi Papua dan sudah ada 8 kabupaten kota yang menggunakan Siskeudes, namun ditahun 2018 ini, seluruh pemerintah kabupaten kota diwajibkan menggunakan aplikasi Siskeudes.

Dikatakannya, aplikasi Sikeudes merupakan aplikasi yang dibangun oleh BPKP dan Kementerian Dalam Negeri, yang sifatnya untuk membantu kepala kampung dan masyarakat kampung dalam hal mempertanggungjawabkan,  penggunaan dana kampung melalui sistim komputerisasi, sekaligus membantu dan memproses penyusunan laporan yang diperlukan.

“Di dalamnya ada modul-modul yang dapat diikuti oleh aparat kampung dan masyarakat,” ungkap Sueb.

Ditambahkan, dalam penggunaannya terutama ditempat yang sulit akan jaringan internet, diwajibkan menggunakan sistim Offline, namun untuk mengexport datanya bisa menggunakan Flasdisk dan Wifi.

Terkait pendampingan dan pengawasannya terhadap Siskeudes, Sueb menjelaskan, BPKP akan terus pro aktif memberikan pendampingan terhadap DPMK, inspektorat dan distrik, DPMK akan menggundang kepala kampung dan aparatur kampung untuk diberikan pelatihan penggunaan dan pengoperasian siskeudes.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan dan Aset Kampung DPMK Lanny Jaya, Yunus Wakerkwa menjelaskan, kegiatan Pelatihan Siskeudes yang dilaksanakan kali ini, merupakan pelatihan yang pertama kalinya di Kabupaten Lanny Jaya.

“Sebenarnya harus banyak orang yang ikut dan kampung lain juga kami ingin libatkan, tetapi keterbatasan dana, jadi kami batasi berapa saja yang ikut,” ungkap Yunus Wakerkwa.

Dijelaskan, peserta yang terlibat dalam kegiatan pelatihan Siskeudes terdiri dari staf DPMK, Inspektorat, Sekretaris Desa, Bendahara Desa.(ema/nn / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here