Konsultasi Pembinaan Jemaat GKI di Tanah Papua

0
23

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Dengan dasar kegiatan hasil sidang sinode di Waisai, GKI Papua melaksanakan amanat di perkembangan di tengah masyarakat yang berjalan dengan cepat di tengah kehidupan yang berdampak langsung maupun tidak langsung.

 

Ketua Panitia Konsultasi Pembinaan Jemaat GKI di Tanah Papua yang juga sekaligusWalikota Jayapura,  Drs. Benhur Tomi Mano MM mengatakan, sebagai anggota masyarakat dan warga negara kondisi ini terjadi karena faktor interaksi antar manusia sebagai yang mempengaruhi tanggung jawab iman yang harus mempengaruhi masyarakat dunia sebagai garam dan terang.

 

“Tapi corak dunia merubah gaya hidup setiap warga gereja, oleh karena itu konteks gereja terpanggil untuk melayani dalam sebuah gagasan baru harus menjadi gereja yang bersekutu bersaksi dan melayani dalam rangka transformatif,” jelas BTM saat membacakan laporannya di Gereja Harapan Jayapura Selasa (6/3) malam.

Dijelaskannya, maksud dari kegiatan tersebut agar terjadi perkenalan terhadap konteks gereja pada masa kini dan masa akan datang. Dan mendapatkan arah sasaran dan tujuan yang hendak dicapai dalam proses jemaat GKI di Tanah Papua.

 

“Tujuannya agar ada pemahaman bersama dalam jemaat GKI di Tanah Papua, ada arah sasaran dan tujuan dalam proses pembinaan jemaat GKI di Tanah Papua,” jelasnya.

 

Sementara itu, Pjs. Gubernur Papua Mayjen TNI Purn Soedarmo mengatakan, Gereja Kristen Injili di Tanah Papua melaksanakan amanat dan panggilannya di tengah perkembangan dan perubahan masyarakat yang berlangsung dengan cepat di segala bidang kehidupan.

 

Pelaksanaan sangat strategis dilaksanakan agar terjadi pengenalan konteks pada beberapa gereja masa kini dan masa yang akan datang agar terjadi pemahaman untuk melakukan jemaat dalam konteks pada arah sinode.

 

“Gereja adalah mitra daerah dalam pembangunan karena itu harapan saya dalam penyusunan kerja kedepan dapat mengacu pada program pemerintah daerah. Mari kita bergandeng tangan dengan masyarakat di tanah Papua menuju kesejahteraan sesuai visi dan misi Papua Bangkit mandiri dan sejahtera,” jelasnya usai membuka acara Konsultasi Pembinaan Jemaat GKI di Tanah Papua kemarin.

 

Ia  berharap GKI di Tanah Papua bisa meningkatkan ketakwaan iman terhadap Tuhan agar menjadi warga gereja taat dan bertanggung jawab. (Nia/ej/Koran Harian Pagi Papua).