Deklarasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi di Papua

0
587
Ilustrasi Karyawan Direktorat Jendral Pajak (DJP) Kantor wilayah Maluku Papua mengkampayekan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) 2017. (Fransisca / LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) –  Kantor Pelayanan Pratama (KPP) Pajak Jayapura mendeklarasikan untuk menjadi zona bebas korupsi yang merupakan implementasi Permenpan dan RB Nomor 60 Tahun 2012 tentang Pedoman Umum Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi.

“Ini sebetulnya memang kewajiban bagi unit-unit di bawah kementerian untuk menjadi wilayah bebas korupsi,” ujar kepala KPP Pratama Jayapura, Bayu Setiawan, di Jayapura, Selasa.

Ia menjelaskan untuk ditetapkan menjadi zona bebas korupsi, ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Mulai dari pembangunan wilayah bebas korupsi, kemudian penilaian dan terakhir penetapan.

Menurut dia diperlukan juga dukungan dari para wajib pajak dalam bentuk tidak memberikan apapun kepada para petugas pajak.

“Jadi deklarasi ini adalah awal pembangunan zona bebas korupsi, artinya kami ingin mendeklarasikan diri kepada stakeholder bahwa kami sudah siap untuk menjadi unit kementerian yang bebas korupsi,” kata dia.

Direktorat Jendral Pajak (DJP) Kantor wilayah Maluku Papua mengkampayekan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) 2017. (Fransisca / LintasPapua.com)

Bayu menuturkan dalam setiap kegiatan untuk menuju wilayah bebas korupsi akan ada penilaian yang dilakukan oleh tim penilai dari KPP Pratama, Kantor Wilayah Pajak, sampai dengan kementerian.

Sementara Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Papua, Sahril Hasan menyambut baik dilakukannya deklarasi tersebut.

Ia menegaskan para wajib pajak juga ingin berkontribusi terhadap negara dan akan mendukung upaya KPP Pratama Jayapura menjadi zona bebas korupsi. (ant/ej / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here