Buka Musrembang RPJMD, Bupati Mathius Pastikan Peningkatan SDM dan Infrastruktur

0
367
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat diwawancara. (Irfan /Koran Harian Pagi Papua)
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., saat diwawancara. (Irfan / Koranm Harian Pagi Papua)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) –  Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, secara resmi membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022, di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (5/3/2018) pagi.

Mengawali sambutannya, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E, M.Si, mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bersama-sama mencurahkan ide, gagasan, sumbang saran, serta berbagai masukan yang konstruktif lainnya guna perumusan penyusunan RPJMD di Kabupaten Jayapura untuk lima tahun kedepan.

“Jadi, seluruh pemangku kepentingan dapat berpartisipasi melakukan pengadaan, penyelarasan dan klarifikasi terhadap seluruh rencana program pembangunan daerah sesuai dengan kondisi riil. Sehingga setiap rencana itu benar-benar mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

RPJMD Kabupaten Jayapura 2017-2022 itu adalah periode ketiga dari RPJPD 2005-2025 dengan prioritas pembangunan diharapkan kepada sumberdaya manusia (SDM), ekonomi rakyat dan juga infrastruktur. Dimana, dari ketiga prioritas pembangunan ini merupakan siklus surplurs dalam sebuah pembangunan.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan forum musyawarah yang benar-benar untuk kepentingan guna membahas dan menyepakati rancangan RPJMD. Diharapkan, forum ini dapat memberikan masukan-masukan untuk sinkronisasi dalam penyeragaman rancangan RPJMD ini, yang nantinya akan menjadi kesepakatan dan komitmen seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Jayapura untuk lima tahun kedepan.

Untuk itu, Bupati Mathius mengatakan, tahapan penyusunan ini telah diatur di dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, serta secara tekhnis mekanismenya juga diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Otonomi Daerah.

Juga tata cara evaluasi dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang RPJPD dan tata cara RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD maupun RPJMD dan RKPD.

“Oleh karena itu, kegiatan Musrenbang RPJMD kali ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak, sekaligus dukungan dari RPJMD yang sedang disusun ini secara maksimal mampu mengakomodir seluruh aspirasi dan juga kebutuhan secara baik,” katanya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekda Kabupaten Jayapura, Drs. Yerry F. Dien, M.Si, serta unsur Forkompimda dan seluruh Kepala OPD dan Kepala Distrik se-Kabupaten Jayapura. (Irfan  / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here