Komitmen Jamin Kesehatan Warga, Pemkot dan BPJS Kesehatan Teken MoU

0
39
Prosesi penandatanganan MoU Pemkot Jayapura dan BPJS Kesehatan di Aula Sian Soor. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)
Prosesi penandatanganan MoU Pemkot Jayapura dan BPJS Kesehatan di Aula Sian Soor. Tampak Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Matias Krey bersama Wali Kota jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM, memegang surat MoU,  didampingi Kepala Dispendukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) dan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berkomitmen dalam menjamin seluruh warga Kota Jayapura menjadi peserta Jaminan Kesehatab Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

 

Keseriusan kedua pihak itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama atau MoU, yang berlangsung di Aula Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (1/3/2018).

 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Matias Krey menjelaskan, pemanfaatan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) milik warga yamg tercantum di dalam KTP-el dan kartu keluarganya.

 

Menurutnya, JKN-KIS tersebut sepenuhnya dibiayai oleh Pemkot Jayapura. “Dengan kartu ini masyarakat dapat dilayani saat melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit manapun yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Hal ini sangat luar biasa,  kedepannya kami juga akan terus meningkatkan pelayanan kami,” janjinya.

 

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dan bekerja sama, karena pihak BPJS Kesehatan membutuhkan data kependudukan untuk mengurus JKN-KIS itu.

 

“Dan data tersebut hanya ada di kita, mulai dari NIK di KTP-el dan di Kartu Keluarga. Sehingga kita harapkan dengan adanya kerjasama ini, betul-betul warga kita dapst terjamin kesehatannya,” harapnya. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)