JOSUA dan LUKMEN Telah Final Laporkan Dana Awal Kampanye

0
38

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Ketua KPU Papua, Adam Arisoy mengakui jika kedua kandidat dalam Pilgub Papua tahun 2018 telah melaporkan Awal Dana Kampanye ke KPU Papua.

“Untuk dana kampanye, kita sudah rapat dan sudah ada rekeningnya dari kedua kandidat,” kata Adam Arisoy di kantor Bawaslu Papua, Jumat (2/3/2018).

Untuk dana awal kampanye kedua kandidat itu, Adam Arisoy mengakui belum tahu persis. “Jumlahnya juga kita sebentar cek. Kan ada awal dana kampanye, awal dana kampanye itu dimasukkan sehingga ada proses transaksi yang dilakukan oleh para calon yang mendapatkan sumbangan dari mana, baik dari perorangan maupun perusahaan,” jelasnya.

Diakui, untuk sumbangan dana kampanye  itu, memang ada batasannya. “Itu ada batas-batasnya. Kalau perorangan itu paling tinggi Rp 75 juta, sedangkan untuk perusahaan paling tinggi Rp 750 juta. Artinya, merasa simpati ke calon itu, mereka setoran ke rekening tim. Nanti biaya yang ada dikeluarkan bendahara calon digunakan untuk apa. Seadainya untuk membeli bahan makanan, jumlahnya berapa banyak. Atau untuk mencarter mobil, itu harus ada bukti-buktinya semua,” jelasnya.

Soal batasan jumlah dana kampanye Pilgub Papua, Adam mengaku belum tahu persis. Namun, awal dana kampanye itu harus ada, sehingga transaksinya dapat ketahui.

“Keduanya sudah menyampaikan sudah Laporan Awal Dana Kampanye. Ya itu masing-masing, karena ada yang bisa 1 juta, ada yang bisa cuma Rp 2 juta, ya tergantung. Nah, nanti dalam proses transaksi baru kita lihat. Uang yang masuk ke rekening itu dikeluarkan untuk membuat apa?,” pungkasnya. (bat/ab/Koran  Harian Pagi Papua)