Kepala KUA Jayapura Selatan, Drs. H. Mutolib nikahkan Sarlin dan Sitti Salmina sebagai pasangan perdana, disaksikan oleh Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano dan Kadis Dukcapil Kota Jayapura serta Kepala Perwakilan Kementerian Agama Kota Jayapura di Aula Sian Soor. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menikahkan 81 Pasangan Suami Istri (Pasutri) yang digelar dalam Ijab Qobul dan Isbad Massal yang diselenggarakan di Aula Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (1/3/2018).

 

Dari jumlah peserta nikah massal bagi warga Kota Jayapura yang beragama Muslim di tahun ini yang menurun dibandingkan tahun lalu yang berjumlah sekitar 100-an lebih.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli mengartikan bahwa tingkat kesadaran masyarakat cukup tinggi dan itu dibuktikan dari jumlah peserta yang mengikuti nikah massal tahun ini.

 

Diakuinya, pihaknya menargetkan 100 pasutri dalam Ijab Qobul dan Isbad Massal tersebut, yang dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-108 Kota Jayapura dan Pekabaran Injil di Tanah Tabi.

“Ijab Qobul dan Isbab ini diperuntukkan bagi umat Muslim yang sudah berkeluarga, namum belum menikah secara agama dan pemerintah, yang dilakukan secara gratis. Termasuk buku nikah dan maharnya juga Pemkot Jayapura sediakan,” jelasnya.

 

Sehingga lanjutnya,  sejak kepemimpinan Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano MM  pada periode pertama, sudah tercatat sebanyak 827 pasutri muslim yang dinikahkan secara massal dan gratis.

 

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM berjanji nikah massal dan gratis bagi masyarakat Kota Jayapura akan tetap ia lakukan di periode kedua dalam kepemimpinannya.

 

“Termasuk mahar dan seperangkat alat sholat kami siapkan. Ini sebagai wujud nyata pelayanan pemerintah kepada masyarakat agar tidak ada lagi warga saya yang kumpul kebo, melainkan menjadi orang-orang yang diberkati Tuhan,” pungkasnya.

 

Wali Kota berharap kepada 81 pasutri yang dinikahkan itu dapat menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Dan senantiasa dapat mendoakan Pemkot Jayapura dalam memimpin Kota Jayapura menjadi kota yang aman dan damai.

 

Acara nikah massal itu berlangsung dengan lancar dari pukul 09:00-13.00 WIT dan disaksikan oleh Wali Kota Jayapura, Kepala Perwakilan Kementerian Agama Kota Jayapura, para Kepala Kantor Urusan Agama di Kota Jayapura, Muspida Kota Jayapura dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Pemkot Jayapura. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)