Puskesmas Hom – Hom Sudah Jarang Gunakan Antibotik Suntik

0
545
Pelayanan Posyandu Kepada Anak-Anak Di Salah Satu Puskesmas Yang Ada Di Kota Wamena Kabupaten Jayawijaya. (Ema)
Pelayanan Posyandu Kepada Anak-Anak di Salah Satu Puskesmas Yang Ada Di Kota Wamena Kabupaten Jayawijaya. (Ema)

WAMENA (LINTAS PAPUA) –  Kepala Puskesmas Hom-Hom, Aslaus Alua memastikan, Puskesmas Hom-Hom sudah tidak lagi bahkan tidak menggunakan antibiotik jenis Suntik.

“Kami di Puskesmas hom-hom hanya menggunakan obat antibiotik yang minum, sedangkan untuk antibiotik  yang suntik, sudah kami batasi bahkan jarang kami gunakan,” ujar  Kapus Hom-Hom belum lama ini.

Terkait pengawasan penggunaannya, Jelas Aslaus, pihak Puskesmas selalu melakukan pengawasan dengan ketat melalui pengawasan permintaan yang dikontrol langsung melalui kartu pengguna.

Dijelaskan, penggunaan antibiotik jenis suntik sudah dibatasi karena akan mengakibatkan seorang pasien akan kebal terhadap obat antibiotik jenis minum.

“Kita jarang pakai, karena alasannya itu dulu tu kita pakai suntik sembarang dengan penisilin dan semakin lama kita akan kebal dengan obat ini, sehingga beberapa kasus penyakit tidak akan sembuh,” kata Asalaus.

Dikatakannya, jenis obat antibiotik yang telah dibatasi pihaknya ialah jenis obat antbiotik penisilin.

Terkait pengawasan Vaksin di Puskesmas Hom-Hom, Asalaus megatakan, pihaknya selalu melakukan amparak di Dinas dan nantinya akan di simpan di Kulkas yang ada di Puskesmas Hom-Hom.

Untuk pegambilannya sendiri, pihaknya selalu melakukan pengambilan setiap 3 bulan terkahir dan untuk penggunaannya ditingkat kampung dalam hal ini Posyandu, Puskesmas Hom-Hom selalu membawanya dengan Termos pendingin.

Menurutnya, sejauh penggunaan Vaksin di Wilayah kerja Puskesmas Hom-Hom, belum ditemukan adanya kasus penalagnaan Vaksin. (ema)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here