Produksi Ketahanan Pangan dan Pertanian Aman Jelang PON 2020 

0
458
Lahan Pertanian di Wilayahj Perbatasan RI - PNG. (ISTIMEWA)
Lahan Pertanian di Wilayahj Perbatasan RI – PNG. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Jayapura, Jean Hendrik Rollo mengakui bahwa produktivitas ketahanan pangan dan pertanian juga termasuk peternakan tidak akan menjadi masalah jelang pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2020 di Papua, khususnya di Kota Jayapura.

 

Hal ini dikatakannya kepada awak media usai pelantikan di Aula Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (28/2/2018).

 

“Jadi kesiapan produksi beras lokal, sayur mayur, buah-buahan seperti pisang, pepaya dan semangka, juga daging, saya pikir sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan para atlit dan tamu di Kota Jayapura, tinggal strateginya saja yang perlu disiapkan,” ujarnya.

 

Diungkapkannya, dengan luas persawahan sekitar 550 hektar yang dimiliki Kota Jayapura dapat menghasilkan 1100 ton di bulan Juni.

“Apabila Mey 2020 kita panen padi, maka penggilingan beras dapat dilakukan pada bulan Juni dengan menggunakan mekanisme IP300 dengan bantuan alat combaim handvester,” terangnya.

 

Menurutnya lagi, ketersediaan pupuk tidak lagi menjadi persoalan, walaupun dipastikan permintaan pasar meningkat.

 

Oleh sebab itu, Rollo mengatakan pihaknya juga bekerja sama dengan Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Sarmi dalam pemenuhan pangan, pertanian dan peternakan. Dan juga strategi yang dilakukannya ialah pengembangan lahan di daerah penghasil pertanian, tanaman holtikultura di wilayah Distrik Muara Tami. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here