Ada 21 Titik Daerah Rawan Bencana Banjir di Jayawijaya

0
32
Nampak Tim Sar Wamena Saat Mencari Korban Hilang Di Kali Uwe Wamena (Ema)
Nampak Tim Sar Wamena Saat Mencari Korban Hilang di Kali Uwe Wamena (Ema)

WAMENA (LLINTAS PAPUA)  – Kepala Badan Penanggulangan Benana Derah (BPBD) Kabupaten Jayawijaya, Amsal Wamo menjelaskan, bahwa di Wilayah Kabupaten Jayawijayaya,ada 21 daerah yang rawan terkenan dampak benacana banjir.

Kepala Dinas BPBD Kabupaten Jayawijaya menilai, 21 daerah tersebut berada tepat sepanjang pinggiran kali.

“Dari data yang kami miliki, sudah dipastikan bahwa ada 21 Distrik yang daerahnyadekat dengan aliran kali dan masuk dalam kategori rawan bencana banjir,” ujar  Kepala Dinas BPBD Jayawijaya, Kamis (1/3/2108) saat ditemui wartawan di halaman kantor Bupati Kabupaten Jayawijaya.

Dijelaskan, selama ini pihaknya telah turun dan melakukan pemantauan dan pendataan di lapangan terkait daerah yang rawan bencana dan, dari pendataan yang dilakukan itu, maka telah dipastikan 21 daerah yang berada tepat dipinggiran kali sangat berdampak besar akan mengalami musibah banjir.

Nampak Tim Sar Wamena Saat Mencari Korban Hilang Di Kali Uwe Wamena (Ema)

Selain daerah yang rawan terkenan dampak banjir, beberapa tempat di Kabupaten Jayawijaya menjadi perhatian BPBD Jayawijaya, karena jika terjadi hujan lebat daerah tersebut terkena dampak longsor.

Dikatakan, terkait bannyakanya daerah yang rawan terkena dampak banjir dan longsor, pihaknnya telah melakukan pemetaaan wilayah rawan bencana.

“Kami lakukan pemetaan ini agar semua daerah yang rawan bencana ini akan terdata dengan baik  dan benar, sehingga dalam penangananya akan leih mudah,” kata Amsal.

Menurutnya, setelah dilakukannya pemetaan, pihak BPBD Jayawijaya akan membuat papan informasi kepada masyarakat terkait daerah-daerah yang rawan terkena dampak benacana.

Bagi mayarakat yang selama ini berkebun di pinggiran bantaran kali dan sungai, Amsal Berpesan agar untuk semetara wkatu tidak membuka lahan perkebunan di pinggiran bantaran sunngai, karena akan berdampak kerugian jika terjadi banjir.(ema)