KPU Kab.  Jayapura Mulai Perekrutan PPD dan PPS untuk Pileg 2019

0
787
Pengumuman perekrutan tanggal 20 Februari 2018 lalu sudah ditempel dan pendaftaran perekrutan akan dilakukan mulai tanggal 22 Februari hingga 28 Februari 2018 nanti. Suasana pendaftaran PPD dan PPS. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

SENTANI (LINTAS  PAPUA)  –  Ketua KPU Kabupaten Jayapura Pieter Silas Wally melalui Komisioner KPU Kabupaten Jayapura Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Lidia Maria Mokay mengatakan, bahwa pihaknya mulai melakukan perekrutan Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka Pemilhan Legislatif (Pileg) mulai tanggal 22 Februari hingga 28 Februari 2018.

“Jadi, perekrutan PPD dan PPS ini berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 1 tahun 2017,” kata Lidia Maria Mokay.

Ketika dikonfirmasi di Kantor KPU Kabupaten Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (26/2/2018) siang. Kata Lidia, sesuai Undang-Undang (UU), pembentukan PPD dan PPS hingga pembentukan KPPS merupakan tugas KPU Kabupaten/Kota.

Dia juga menambahkan, perekrutan anggota PPD dan PPS nanti akan diumumkan ke tempat umum, sehingga masyarakat banyak bisa mengetahui dan transparan.

Sebelum tahapan seleksi PPD dan PPS, Lidia Mokay menjelaskan, pihaknya juga akan mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai mekanisme perekrutan penyelenggara tingkat distrik dan kampung.

Selain itu juga, kata Lidia, KPU akan mensosialisasikan tahapan pengolahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4), teknis cara pencalonan partai politik (Parpol) dan juga perorangan serta kampanye hingga perhitungan suara.

Dikatakannya, pengumuman perekrutan tanggal 20 Februari 2018 lalu sudah ditempel dan pendaftaran perekrutan akan dilakukan mulai tanggal 22 Februari hingga 28 Februari 2018 nanti.

“Jadi, sementara ini mereka baru mengambil formulir pendaftaran sampai tanggal 28 Februari dan untuk batas waktu pengembalian formulir itu dari tanggal 1 Maret hingga 3 maret 2018. Kemudian di tanggal 4 Maret baru dilakukan verifikasi dan di tanggal 5 Maret baru kita umumkan yang lolos administrasi. Selanjutnya kita akan melakukan tes tertulis dan tes wawancara kepada mereka yang lolos administrasi,” katanya.

“Yang pasti pelantikan PPD dan PPS harus di tanggal 12 Maret 2018. Jadi, perekrutan anggota PPD ini adalah tiga orang tiap distrik. Bagi siapa yang terdaftar di dalam PPD dan PPS pada Pilgub, juga diperbolehkan untuk mendaftar di PPD dan PPS pada Pileg. Serta panitia pemilihan adalah tidak terdaftar sebagai pengurus Parpol maupun tim sukses calon kepala daerah dan wakil kepala daerah,” pungkas Lidia Maria Mokay.

Ini jadwal tahapan perekrutan penyelenggara tingkat Distrik dan Kampung pada Pemilihan Legislatif (Pileg):

Pendafataran dibuka 22 Februari hingga 28 Februari 2018, dilanjutkan dengan seleksi Adminisrasi, tes tertulis, tes wawancara dan di tanggal 5 Maret baru diumumkan siapa saja yang lolos menjadi PPD maupun PPS serta di 12 Maret 2018 baru dilakukan pelantikan. . (Irfan /  Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here