Pemkab Buton Tengah Kunjungi  Pemkot Jayapura, Sharing  Sektor Jasa dan Perdagangan

0
2
Suasana Kunjungan Kerja Pemkab Buton Tengah di ruang rapat Walikota. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)
Suasana Kunjungan Kerja Pemkab Buton Tengah di ruang rapat Walikota. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Dalam rangka silaturahmi dan sekaligus melakukan kunjungan kerja, 28 orang yang terdiri dari 11 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan 17 staf pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah datang mengunjungi Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura.

Rombongan yang dipimpin oleh Asisten III Bidang Umum Pemkab Buton Tengah, L. M. Mursal Zubair itu disambut oleh Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kota Jayapura, M. Nurjainuddin Konu di ruang rapat Wali Kota Jayapura, Sabtu (24/2/2018) lalu.

Zubair mengakui sudah banyak daerah lain di Indonesia yang datang belajar di Kota Jayapura, khususnya dibidang pelayanan kemasyarakatan. Sehingga pihaknya memilih melakukan kunjungan kerja berupa sharing dibidang sektor jasa dan perdagangan.

“Potensi perekonomian Kabupaten Buton Tengah antara lain disektor kelautan, pertanian, peternakan, dan potensi pariwisata yakni Kota Seribu Goa. Untuk itu kami merasa sangat tertarik dan ingin mengetahui secara dekat untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah kami,” ucapnya menjelaskan.

Selain itu, diungkapkannya bahwa pihaknya juga ingin belajar tentang kerukunan umat beragama di Kota Jayapura.

Kordinator Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST) di Papua, Rahadin menambahkan orang Buton datang ke Papua sejak 1972 silam, dan sebanyak 6.000 jiwa orang tersebar di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom.

“Kami ingin menghimpun semua masyarakat kami di tanah rantau. Kami juga membangun kerjasama dengan pemerintah dan mendukung visi dan misi Pemkot Jayapura. Apa saja yang dibutuhkan kami wadahi, bekerja sama dengan kepolisian dan Pemkot Jayapura untuk tercapainya keamanan, ketertiban masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Plh. sekda Kota Jayapura, M. Nurjainuddin Konu menyampaikan ucapan terima kasih sudah memilih dan datang belajar di Kota Jayapura.

Dalam melakukan pelayanan publik kepada masyarakat, Konu mengatakan Pemkot Jayapura lebih mengedepankan kearifan lokal dalam tata kelola pemerintahan.

“Kunci utama atau intinya ialah memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya dan harus satu hati dalam membangun Kota Jayapura,” pesannya.

Saat kunjungan berlangsung, Konu juga memperkenalkan program unggulan Pemkot Jayapura, yaitu dibidang pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, infrastruktur, tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Ia pun berharap apa yang telah dilihat dan diterima oleh rombongan Pemkab Buton Tengah, dapat di tiru atau diaplikasikan untuk pembangunan Kabupaten Botun Tengah kedepan yang lebih baik. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)