KPU Gelar Deklarasi Kampanye Pilkada Damai Pilgub dan Pilbup 2018

0
139

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Bertempat di halaman parkir Kantor Gubernur Jayapura, di gelar  kegiatan Deklarasi Kampanye  Damai pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (dua pasangan Cagub) Bupati dan Wakil Bupati 7 Kabupaten (sembilan belas pasangan Calon bupati) di Provinsi Papua Tahun 2018, yang di hadiri lebih kurang  seribuan warrga masyarakat dan instansi terkait dan juga simpatisan pendukung calon Gubernur dan calon Bupati.

 

Anggota KPU RI, Ibu Evi Ginting, mengatakan, Hari ini sdh memasuki masa kampanye ada pesan yg akan kami smpekan tp kami berharap kedua paslon bisa kampanye damai tanpa konflik.

“kami kpu pusat tdk mau ada konflik dlam pilkada ini tanpa ada kekerasan dan saling menghormati antara ke dua paslon Kedua paslon menyampaikan misi2 untuk papua di masa depan

Kedua paslon agar bisa menjaga para pendukungnya. Mari kita jaga bersama agar penyelenggaraan pilkada aman dan jujur dalam pelaksanaannya, Damai Papua”.

 

Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marjuki, berpesan, Dalam deklarasi ini kmi membuat komitmen dengan tokoh – tokoh adat Pilkada damai, TNI/Polri sebagai pengaman harus netral

“Kepada paslon agar tidak mengerahkan massa dalam setiap permasAlahan pilkada yang akan muncul nantinya. Meminta dukungan  seluruh tokoh adat, ormas dan LSM, agar kita bisa sama – sama  melaksanakan pilkada yg bermartabat aman dan damai Papua.”

 

Pangdam XVII Cendrawasih yg di wakili oleh Kasdam Kodam XVII Cendrawasih,Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa, menyampaikan sambutanya,hari ini kita mengadakan deklarasi kampanye damai.

“Kita tidak ingin ada korban dalam pilkada ini dan kita semua berharap papua kedepan lbh maju dg pemimpin baru,” katanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI, yang diwakili Anggota Bawaslu, Frits Siregar mengharapkan,  kepada masyarakat dan para calon  di Papua untuk Indonesia  dapat  kerja sama , agar tetcipta Papua yg damai.

“Kita mengucapkan terimakasih kepada  TNI  – Polri dan seluruh penyelenggara kampanye damai, kita wajib menjaga pilkada ini agar aman dan damai.”

 

Sementara itu, Ketua BKPP RI,Prof DR Harjono mengatakan, bahwa yang  tercinta rakyat Papua yang akan melaksanakan pesta demokrasi harus gembira dan Damai.  “Pesta gembira pesta damai ini harus menyenangkan, jangan terbawa sampai dengan  kampanye tanpa damai, harus damai,” pesan dan harapannya.

Sementara itru, Ketua KPU Papua, Adam Arisoy, mengatakan, mungkin hari ini baru kita Deklarasi damai karena sempat tertunda, karena sempat belum legittimassi dari mrp, sekarang kami Sudah mendapat legitimasi dari MRP.

 

“KPU telah siap melakukan pilkada serentqk 2018, terimakasih untuk pemerintah daerah yang telah memberikan dana untuk pilkada, tahun 2015 semua pilkada berakhir di mahkamah konstitusi, pilkada 2017 menjadi catatan kita untuk kita bersama sama mendukung pilkada di Papua Aman dan damai, kami siap melakukan pilkada serentak, Kpu meminta   dukungan dari kedua belah pihak untuk mewujudkan pilkada damai di tanah papua.Kami mengucapkan terima ksih kpd seluruh unsur dan pemerintah daerah yg mendukung  dlm pelaksanaan Deklarasi damai ini,” ujar Adam Arisoy, Sabtu (24/2/2018).

 

Pembacaan Deklarasi Kampanye Damai di Pimpinan oleh ketua KPUD Prov Papua, Adam Arisoi, kemudian, penandatanganan Pernyataan Dekalarasi Damai di saksikan oleh ketua Bawaslu RI, ketua BKPP RI. Ketua Bawaslu Prov  Papua,  Kasdam XVII cendrawasih ,Danlantamal X jayapura,Wakapolda Papua ,ketua KPUD Prov Papua, dilanjutkan penyerahan alat peraga kampanye oleh ketua KPUD prov Papua kepada ketua Tim koalisi masing masing pasangan caliono dan diakhiri dengan  pelepasan balon oleh semua paslon Gubernur, paslon Bupati.

Sementara itu,  sebelum acara puncak deklarasi kampanye damai di halaman kantor gubernur Papua,  Kota Jayapura, para kandidat gubernur/wakil gubernur dan bupati/wakil bupati beserta tim pendukung dan parpol pengusung mengikuti pawai.

Pawai dimulai dari Buper Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura pada pukul 08.00 WIT yang dikoordinir oleh Komisioner KPU Papua Musa  Sombuk. Sekitar ratusan  lebih kendaraan roda empat baik mini bus dan bak terbuka mewarnai pawai yang mengikuti rute dari Buper Waena, Abepura, Jalan Ahmad Yani hinga Angkasa Jayapura Utara dan berakhir di halaman kantor gubernur Papua sekitar pukul 11.00 WIT.

“Kami berharap dengan kampanye damai dapat memajukan demokrasi dan rakyat bisa ikut terlibat dalam pesta demokrasi, tentunya semua harus berjalan aman dan damai dan untuk membangun Papua kedepan,” tutur warga masyarakat, Jhonyly, yang ikut menyaksikan deklarasi tersebut. (Fransisca /LintasPapua.com)