Wujudkan Pembinaan, Lapas Klas II B Serui Gelar Sidang TPP

0
14
Lembaga Pemasyarakatan KLS II B Serui menggelar sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) yang berlangsung Rabu (21/2/2018)  di aula Lapas  setempat.(Seo / HPP)  
Lembaga Pemasyarakatan KLS II B Serui menggelar sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) yang berlangsung Rabu (21/2/2018)  di aula Lapas  setempat.(Seo / HPP)

SERUI (LINTAS PAPUA)  – Lembaga Pemasyarakatan KLS II B Serui menggelar sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) yang berlangsung Rabu (21/2/2018)  di aula Lapas  setempat.

Kepala Lapas Klas II B  Serui, Andhi Yudho Sutijono menjelaskan, tujuan digelarnya TPP adalah untuk melakukan assessment bersama serta revolusi terhadap narapidana  yang memenuhi syarat substansi maupun administrasi, dan mengerti beberapa program pembinaan yakni menyangkut cuti bersyarat, cuti jelang bebas, asimilasi anak sekolah, pembebasan bersyarat.

“Kemudian juga kegiatan lain yang dimusyawarakan dan diawasi bersama,” ungkapnya.

 

Sementara itu terkait sistem pemasyarakatan, lanjut Andhi, di mana sistem tersebut  juga memberikan pedoman kepada Lapas dan rumah tahanan (Rutan) untuk bisa membina narapidana secara baik sesuai peraturan.

“Kami berharap agar yang bersangkutan (narapidana) bisa secepatnya kembali ke masyarakat atau reintegrasi sosial, dan berharap narapidana mempunyai skil dan keterampilan yang dapat mendorong menjadi warga masyarakat yang baik dan produktif sekaligus tidak melakukan tindakan yang nantinya melanggar norma hukum di masyarakat,” harapnya.

Kembali dikatakan Andhi, sidang TPP yang digelar saat ini dikhususkan untuk membahas rencana program cuti bersyarat kepada 9 narapidana,  di mana cuti bersyarat dinilai cukup selektif dilakukan dengan melihat semua pertimbangan baik keamanan, administrasi dan persyaratan.

“Jadi sidang ini  merupakan kegiatan rutin yang dapat memberikan kepastian keadilan bagi napi di Lapas. Untuk itu terkait isu over kapasitas yang ada di Lapas Serui, yang mana  masih tetap stabil sampai saat ini,” tandasnya. (seo/lea/ Koran Harian Pagi Papua)